Pengajuan Kredit Motor Baru Membludak Jelang Lebaran, Hingga Sebabkan Stok Menipis dan Inden

Wisnu Andebar - Rabu, 13 April 2022 | 10:31 WIB
 Ilustrasi motor baru Honda
Rudy Hansend/ GridOto.com
Ilustrasi motor baru Honda

GridOto.com - FIF Group mencatat adanya peningkatan pembiayaan motor baru Honda menjelang Lebaran tahun ini.

Dept Head Credit FIF Group, Sadullah mengatakan, bahwa peningkatan pengajuan kredit di perusahaannya sudah terlihat sejak awal April 2022.

"Kalau mengacu data April 2022 ini, kami lihat pergerakan secara harian itu ada kenaikan kurang lebih sebesar 15 persen untuk pengajuan kredit," kata Sadullah dalam acara Forum OTOMOTIF Group with FIF secara virtual, Selasa (12/4/2022). 

Ia menjelaskan, diperbolehkannya mudik pada Lebaran tahun ini menjadi salah satu faktor tingginya permintaan kredit kendaraan.

"Secara umum memang dalam satu tahun ada dua momen di mana pengajuan kredit meningkat, yaitu Lebaran serta Natal dan tahun baru," ujarnya.

Adapun pengajuan kredit motor Honda di FIF Group masih didominasi oleh segmen skuter matik (skutik).

"Jadi Scoopy, BeAT, dan Vario series itu menjadi volume maker, kalau digabung ketiga model tersebut kontribusinya hampir 80 persen," imbuhnya.

Hanya saja, permintaan yang tinggi tersebut membuat ketersediaan stok motor baru menipis menjelang Lebaran tahun ini.

"Memang ada kendala di mana permintaan naik tapi unitnya agak terbatas, jadi ujung-ujungnya konsumen harus inden," beber Sadullah.

Baca Juga: Perusahaan Pembiayaan FIF Raih Peningkatan Positif, Representasi Kredit Macet Membaik Pada 2021 Sekitar 0,9 Persen

Sejauh ini pihaknya mengaku masih belum mengetahui sampai kapan konsumen harus menunggu, lantaran belum ada kepastian dari Agen Pemegang Merek (APM).

Lebih lanjut Sadullah menambahkan, secara keseluruhan pembiayaan motor baru Honda di FIF Group pada tahun ini mengalami tren positif.

"Kurang lebih Januari hingga Maret 2022 lebih baik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," pungkasnya.

 


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa