Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mudik lebaran 2022

Siap-siap! Bakal Ada Pembatasan Waktu Hingga Buka-Tutup Rest Area Saat Mudik Lebaran 2022, Kalau Terjadi Hal Ini

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 12 April 2022 | 18:39 WIB
Jasa Marga Perketat Protokol Kesehatan di Rest Area Selama Pemberlakuan PPKM Darurat.
Dok. Jasa Marga.
Jasa Marga Perketat Protokol Kesehatan di Rest Area Selama Pemberlakuan PPKM Darurat.

GridOto.com - Tempat istirahat dan Pelayanan (TIP) atau disebut rest area merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengguna jalan tol saat menempuh perjalanan jauh.

Selama arus mudik lebaran 2022 nanti, PT Jasa Marga (Persero) berencana akan memberlakukan aturan pembatasan waktu penggunaan rest area.

Hal tersebut diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam konferensi pers Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Menurutnya, pembatasan waktu penggunaan rest area dilakukan untuk menghindari kemacetan akibat antrean kendaraan di rest area.

"Kami sudah melakukan pembahasan pembatasan waktu rest area supaya sudara-saudara kita yang lain bisa pakai," ujar Heru di Bekasi, Senin (11/04/2022).

Selain pembatasan waktu rest area, pihaknya juga akan memberlakukan skema buka tutup rest area bila terjadi penumpukan kendaraan.

Sehingga, Heru mengimbau pengguna jalan tol untuk bisa mematuhi petugas bila diberlakukan pembatasan waktu hingga buka tutup rest area.

Mengenai batasan waktu dan pelaksanaan buka-tutup rest area, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasa Marga Business Related (JMRB), Tita Paulina Purbasari, menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Batasan waktu di rest area sampai saat ini kami masih koordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai pembina," ungkap Tita.

Baca Juga: Jasa Marga Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol pada Mudik Lebaran 2022

Sekadar informasi, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada 29 April 2022 atau H-3 sebelum lebaran dan arus balik 8 Mei 2022 atau H+5 lebaran.

Selama momen mudik lebaran memprediksi volume lalu lintas tol pada mudik lebaran 2022 akan mengalami lonjakan yakni lebih dari 2,5 juta kendaraan.

Volume tersebut naik cukup signifikan dibanding masa pandemi Covid-19 seperti mudik lebaran 2020 tercatat 900 ribu kendaraan dan mudik lebaran 2021 sebanyak 1,4 juta kendaraan. 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa