Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Fortuner dan Kijang Innova Diesel Euro 4 Harus Tandatangani Surat Pernyataan, Toyota Angkat Bicara

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 12 April 2022 | 05:30 WIB
Toyota Innova Venturer 2.4L A/T Diesel
Kyn/Otomotifnet
Toyota Innova Venturer 2.4L A/T Diesel

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) angkat bicara mengenai surat pernyataan yang harus ditandatangani konsumen, saat melakukan pembelian Fortuner dan Kijang Innova diesel.

Seperti yang diketahui, Toyota sudah mengimplementasikan standar emisi Euro 4 untuk seluruh model bermesin diesel pada April 2022 ini, termasuk Fortuner dan Kijang Innova.

Namun berdasarkan temuan GridOto di salah satu dealer Toyota di bilangan Jakarta, calon konsumen akan diberikan sebuah surat pernyataan dan harus ditandatangani saat prosesi pembelian kedua model tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sesuai dengan buku manual dan juga regulasi standar Euro 4 mesin diesel, yaitu dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

Apabila nekat mengisi BBM yang tidak sesuai atau pakai solar bersubsidi, maka bisa menggugurkan garansi dari Toyota Fortuner maupun Kijang Innova diesel itu sendiri.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, pun tidak menampik saat dikonfirmasi dan menuturkan surat pernyataan tersebut sifatnya berupa informasi awal yang diberikan dealer untuk calon konsumen.

"Jadi apa yang dilakukan teman-teman di dealer ini sifatnya adalah pre-information dari awal ya, selain ada juga di buku manual nanti pada saat serah terima kendaraan," tutur Anton saat dihubungi GridOto, Senin (11/4/2022).

Toyota Fortuner 2.800 cc terbaru di Indonesia
Aries Aditya/GridOto.com
Toyota Fortuner 2.800 cc terbaru di Indonesia

Lanjut menurut Anton, langkah ini juga dilakukan dealer untuk mengedukasi calon konsumen, kalau unit yang akan mereka pakai ada perubahan spesifikasi mesin diesel yang telah mengadopsi Euro 4.

"Agar calon konsumen bisa paham, salah satunya ada perubahan spesifikasi mesin diesel yang akan mereka pakai mulai sekarang telah mengadopsi Euro 4," papar Anton lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa