Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Sebelum Beli Wajib Tahu Estimasi Biaya Servis Rutin dan Besar Honda Freed di Bengkel Spesialis, Bikin Kantong Jebol?

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 3 April 2022 | 21:45 WIB
Honda Freed
Dok. Otomotif
Honda Freed

GridOto.com - Honda Freed bekas lansiran 2009 sampai 2015 kini terpantau ada dikisaran Rp 100 juta sampai Rp 205 juta tergantung tipe dan kondisi unit.

Apabila sobat tertarik membeli Honda Freed, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu interval perawatan berkala dan estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Tujuannya agar sobat bisa menyiapkan dana supaya bisa menjaga performa Honda Freed tetap prima dan nyaman digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Tri Pranoto, owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Depok, Jawa Barat mengatakan, perawatan berkala Freed dimulai dengan penggantian oli di kelipatan 8.000 km.

"Banyak oli mesin yang mengklaim bisa digunakan sampai 10.000 km, tapi kami sarankan tiap 8.000 km ganti oli ambil tengah-tengahnya," ujar Tri kepada GridOto.com, Sabtu (02/04/2022).

Tri menjelaskan, untuk biaya penggantian oli mesin di Honda Clinic Pradana tergantung dari jenis oli yang digunakan.

Ambil contoh jika ingin menggunakan oli mesin Honda E-Pro Gold Turbo 0W-20 harganya sekitar Rp 500 ribu per galon atau 4 liter.

"Estimasi biaya servis ringan meliputi tune-up jasa Rp 200 ribu, pembersihan injektor Rp 180 ribu, dan ganti oli Rp 500 ribu pakai Honda E-Pro Gold Turbo 0W-20," sambungnya.

Baca Juga: Seken Keren - Wejangan dari Bengkel Spesialis, Jenis BBM yang Direkomendasikan Buat Honda Freed

Jika dihitung, kalau sobat melakukan servis ringan Honda Freed di Honda Clinic Pradana biaya yang dihabiskan sekitar Rp 880 ribu.

Sementara itu, untuk servis besar Honda Freed di bengkelnya disarankan dilakukan setiap kelipatan 40.000 km.

"Servis besar tiap 40.000 km, estimasi biaya Rp 2 jutaan berikut penggantian oli mesin, oli transmisi, filter udara, filter AC, berikut pembersihan injektor dan jasa," ucap Tri.

Honda Clinic Pradana

Jl. Raya Muchtar no. 86, Sawangan, Depok, Jawa Barat

Telp: 0812-8640-286

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa