Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dukung Penerapan Standar Emisi Euro 4 Kendaraan Diesel, Scania Luncurkan Bus dan Truk Baru

Wisnu Andebar - Rabu, 30 Maret 2022 | 11:58 WIB
Scania luncurkan bus dengan standar emisi Euro 5
United Tractors
Scania luncurkan bus dengan standar emisi Euro 5

GridOto.com - PT United Tractors Tbk (UT) sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia menghadirkan truk dan bus terbaru berteknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN/ KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau disebut Standar Emisi Euro 4 mulai April 2022.

Sara K. Loebis, Corporate Governance & Sustainability Division Head PT United Tractors Tbk mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung aturan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia.

"Penerapan standar Euro 4 tidak hanya berdampak positif untuk lingkungan dan kesehatan, melainkan juga bagi seluruh pelaku bisnis transportasi,” kata Sara dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Rabu (30/3/2022).

Sementara itu Andreas selaku Truck, Bus & Crane Marketing Operation Division Head PT United Tractors Tbk menjelaskan, Scania Truck Euro 4 dan Scania Bus Euro 5 memilki lima keunggulan.

Pertama ada SCR yang merupakan teknologi aftertreatment pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi 85 persen sampai 95 persen emisi nitrogen oksida (NOx) dan particulate matter (PM).

Pengunaan teknologi SCR memberikan banyak keuntungan pada kendaraan, antara lain umur mesin yang lebih lama, akselerasi yang tetap prima, efisien bahan bakar, dan meminimalisir risiko kontaminasi oli.

Kedua, Fuel Efficiency. Pengembangan mesin dan komponen lainnya seperti kapasitas pendingin, injektor, ruang pembakaran, serta inovasi teknologi pada setiap produk generasi Scania terbaru.

Alhasil berpengaruh terhadap penurunan konsumsi bahan bakar yang berdampak langsung terhadap penurunan emisi karbon dioksida (CO2).

Baca Juga: Mulai Bulan Depan Kendaraan Diesel Wajib Euro 4, Mitsubishi Pastikan Produknya Siap

Ketiga, Comply B30-B100. Scania menawarkan cakupan terluas untuk penggunaan bahan bakar alternatif di industri dengan CO2 reduction sampai dengan 90 persen.

Untuk di Indonesia, seluruh mesin Scania  dapat menenggak bahan bakar biodiesel B30-B100 yang sangat ramah lingkungan.

Keempat, Safety. Seluruh cabin pada generasi terbaru Scania telah lolos tes kecelakaan standar EURO ECE R29 & Swedish VVFS 2003:29, yang merupakan standar terketat di dunia.

Selain itu produk ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang andal berupa Electronic Braking System dan Anti-lock Braking System.

Scania juga dilengkapi dengan Fleet Management Services (FMS) sehingga mitra usaha dapat mengawasi penggunaan armadanya kapan pun dan di mana pun.

Kelima, Comfort. Desain kabin yang mudah diakses, mudah dioperasikan, dan dilengkapi on-board driver coaching yang membantu driver agar optimal dalam berkendara.

Produk Scania juga dilengkapi dengan opticruise dan suspensi udara, sehingga menambah kenyamanan bukan hanya untuk pengemudi namun juga untuk transportasi penumpang dan barang.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa