Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

XL7 Depak Ertiga dari Takhta Mobil Penumpang Terlaris Suzuki di Indonesia, Tegaskan Tidak Ada Kanibalisme

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 23 Maret 2022 | 19:10 WIB
Suzuki XL7 jadi backbone penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama periode 2021 lalu.
Vedhit/GridOto.com
Suzuki XL7 jadi backbone penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama periode 2021 lalu.

GridOto.com - Suzuki XL7 kini menjelma jadi primadona penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tanah Air, hingga depak Ertiga dari takhta mobil penumpang terlaris.

Dibuktikan data internal penjualan yang dibagikan SIS, yang mana XL7 berkontribusi sebanyak 18 persen untuk wholesales dan 16 persen untuk retail sales dari total penjualan Suzuki selama 2021 lalu.

Bahkan, tidak butuh waktu lama baginya untuk menduduki posisi puncak mobil penumpang terlaris Suzuki di Indonesia, yang mana dalam beberapa tahun ke belakang selalu dihuni oleh Ertiga.

Sementara Suzuki Ertiga harus puas berada di bawahnya, dengan menyumbang 12 persen terhadap wholesales dan 13 persen untuk retail sales Suzuki.

Suzuki All New Ertiga di Jakarta Auto Week 2022
Vedhit/GridOto.com
Suzuki All New Ertiga di Jakarta Auto Week 2022

Istilah saling memakan pangsa pasar dua model dari satu merek yang sama, atau biasa dijuluki kanibalisme pun muncul ke permukaan.

Kendati demikian, Suzuki langsung membantah anggapan tersebut dan menegaskan bahwa keduanya saling berdampingan untuk mengisi ceruk pasar yang lebih luas.

Mengingat dari segi konsep dan segmentase pasar saja berbeda, walaupun secara harga diakui ada sedikit persinggungan.

"Tidak ada kanibalisme. Suzuki XL7 dan Ertiga kelasnya beda dan secara segmentasi konsumen pun berbeda, walaupun memang ada sedikit persinggungan," ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS kepada GridOto.com, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Suzuki XL7 dan Ertiga Jadi Korban Krisis Chip Semikonduktor, Produksi Masih Aman Walaupun Sedikit Inden

Sejak diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia pada Februari 2020 lalu, Donny menuturkan bahwa populasi Suzuki XL7 tercatat sudah lebih dari 26 ribu unit hingga saat ini.

Adapun Suzuki XL7 Beta yang merupakan varian tengahnya, jadi penyumbang terbesar atau paling banyak terjual dengan kontribusinya mencapai 48 persen.

"Dari Februari 2020 sampai Februari 2022, retail sales Suzuki XL7 sebanyak 26.316 unit. XL7 Beta adalah varian yang paling banyak terjual dengan kontribusi sebesar 48 persen," pungkas Dony.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa