Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Pelan Namun Pasti, Kemenhub Catat Jumlah Kendaraan Listrik di Indonesia Capai 16 Ribu Unit

Muslimin Trisyuliono - Senin, 21 Maret 2022 | 21:45 WIB
(Ilustrasi) Hyundai Track Day 2021, menjajal mobil listrik Ioniq dan Kona Electric di sirkuit Sentul
Hyundai
(Ilustrasi) Hyundai Track Day 2021, menjajal mobil listrik Ioniq dan Kona Electric di sirkuit Sentul

GridOto.com - Gencarnya pemasaran dan insentif dari pemerintah membuat ketertarikan masyarakat terhadap kendaraan listrik terus meningkat.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, hingga Maret 2022 populasi kendaraan listrik di Tanah Air mencapai 16 ribu unit.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Sarana Transportasi Kemenhub Danto Restyawan, dalam sambutan kolaborasi Smoot Motor, Swap Energi, Grab dan PLN membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk roda dua.

"Perkembangan data jumlah KBLBB sampai tanggal 16 Maret 2022 total 16.060 unit, terdiri dari roda tiga, mobil penumpang, sepeda motor, mobil bus, mobil barang, landasan bus, dan landasan barang," ujar Danto di Jakarta, Senin (21/03/2022).

Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung
Hendra
Deretan mobil listrik yang diuji dalam PLN BEV Touring Jakarta-Bandung

Danto melanjutkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan penggunaan kendaraan listrik dengan membuat peta jalan salah satunya untuk kendaraan instansi pemerintah.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

"Kami sampaikan Kementerian Perhubungan telah menyusun peta jalan transformasi kendaraan berbasis baterai sebagai kendaraan pejabat pemerintah, bus jemputan dan angkutan perkotaan baik pusat dan daerah," ucap Danto.

Selain itu, Danto menilai sinergi antara pemerintah dan swasta juga diperlukan agar dapat mempercepat proses mengembangkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi.

Apalagi dengan percepatan penggunaan kendaraan listrik akan mendorong ketahanan dan kemandirian energi domestik, serta mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM).

Baca Juga: Sambut Era Elektrifikasi Kendaraan, Empat Perusahaan Siap Kolaborasi Bangun Ekosistem Motor Listrik

"Saya berharap pelaku usaha swasta semakin gencar menyokong program kendaraan listrik berbasis baterai melalui pembentukkan ekosistem kendaraan listrik," pungkasnya.

Sekadar informasi, pemerintah terus mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik dalam rangka mencapai target net zero carbon emission pada 2060.

Adapun target penetrasi kendaraan listrik di Tanah Air sebesar 2 juta unit untuk roda empat dan 13 juta roda dua pada tahun 2030.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa