Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Era Elektrifikasi Kendaraan, Pemerintah Bidik 120 Juta Motor Bakal Swap Engine ke Motor Listrik

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 20 Maret 2022 | 13:00 WIB
Acara parade  motor Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik Kementerian ESDM
Dok. Kementerian ESDM
Acara parade motor Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik Kementerian ESDM

GridOto.com - Pemerintah terus mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik, dalam rangka mencapai target net zero carbon emission pada 2060.

Agar prosesnya bisa semakin cepat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong masyarakat untuk konversi motor bensin menjadi motor listrik.
 
Menteri ESDM, Arifin Tastif berharap kendaraan roda dua yang dikonversi dari motor bensin ke listrik bisa mencapai 120 juta unit pada 2030 mendatang.

"Di Indonesia kurang lebih ada 115 sampai 120 juta unit motor, setiap tahunnya ada 6 juta unit motor baru," ujar Arifin dalam parade motor Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik belum lama ini.

"Kalau di 2030 kita bisa berlakukan program konversi energi secara masif dan bisa konversi 120 juta unit motor ini menjadi motor listrik," sambungnya.

Vbvhhbbv:b;:yb

Pasalnya, Arifin menilai dengan konversi motor bensin ke listrik bisa menghemat pengeluaran masyarakat hingga Rp 3,6 juta per tahun.

"Jadi bb;::::::kalau katakanlah Rp 8 ribu pengeluaran per hari, sebulan sudah kurang lebih sekitar Rp 240 ribu. Dikali setahun sudah bisa jadi Rp 3,6 juta, dalam lima tahun cost-nya sudah bisa jadi Rp 18 juta," ungkap Arifin.q

Untuk mendorong konversi motor bensin ke listrik ini, Kementerian ESDM telah berhasil konversi 100 unit kendaraan dinas pemerintah selama 2021.v;v

Baca Juga: Sambut Era Elektrifikasi, Kementerian ESDM Berhasil Konversi 100 Unit Kendaraan Dinas darivbvvvv;:vb;b;b;;vvvvbvv:vbvvbbvv;;:;

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa