Dorong Langkah Konversi, Ricky Elson Sebut Potensi Indonesia Jadi Raja Kendaraan Listrik atau Cuma Jadi Negara Perakit

Harun Rasyid - Selasa, 30 November 2021 | 19:19 WIB
Ricky Elson dan mobil listrik Selo
Instagram.com/@ricky_elson
Ricky Elson dan mobil listrik Selo

GridOto.com - Elektrifikasi kendaraan dengan target 20 persen di 2025 demi mengurangi dampak emisi gas buang, sedang digalakkan pemerintah.

Hal tersebut akhirnya mendorong berbagai produsen kendaraan untuk mengeluarkan produk motor listrik dan mobil listrik buatannya.

Selain itu, elektrifkasi kendaraan juga didukung berbagai pakar di Tanah Air, salah satunya Ricky Elson selaku Founder Lentera Bumi Nusantara sekaligus Ilmuan dan pemegang hak paten motor listrik.

"Kita sebagai praktisi turut mendukung percepatan elektrifkasi kendaraan. Namun kendaraan listrik ini terdiri dari tiga komponen utama yaitu sistem kontrol, baterai dan motor penggeraknya," bukanya dalam seminar di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 beberapa waktu lalu.

Soal komponen tersebut menurut Ricky, Indonesia sayangnya belum mandiri menghasilkan komponen kendaraan listrik.

"Untuk memacu kendaraan listrik di indonesia, kita masih bergantung dengan komponen dari luar negeri atau tepatnya Indonesia baru bisa merakit kendaraan listrik," kata Ricky.

Ia menilai, elektrifikasi kendaraan juga harus mengarah ke soal bagaimana membangun industri komponennya di dalam negeri.

"Walaupun saat ini sudah ada upaya membangun industri baterai, tapi kami belum melihat arahnya. Apakah ini untuk memasok kebutuhan pengembangan kendaraan listrik nasional atau memasok komponen ke pabrikan," ucap Ricky.

Baca Juga: Ternyata Komponen Ini Bikin Baterai Mobil Listrik Jadi Cepat Habis


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa