Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pembalap Enggak Perlu Was-was, Marshal MotoGP Mandalika Sudah Latihan Padamkan Api

Naufal Shafly - Kamis, 17 Maret 2022 | 07:07 WIB
Marshal MotoGP Mandalika diberikan pelatihan memadamkan api.
Dok. Humas MGPA
Marshal MotoGP Mandalika diberikan pelatihan memadamkan api.

GridOto.com - Guna mematangkan persiapan MotoGP Indonesia 2022 atau MotoGP Mandalika, para marshal diberi pelatihan khusus untuk memadamkan api.

Pelatihan ini dipimpin oleh Damkar Kabupaten Lombok Tengah, serta instruktur dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), Rabu (16/3/2022).

Latihan ini dinilai sangat diperlukan, apalagi dalam keadaan darurat saat ada percikan yang bisa menyulut kebakaran di motor para pebalap.

Materi pelatihan kali ini meliputi dasar-dasar pengenalan jenis api berdasarkan material yang terbakar, penggunaan alat pemadam api ringan (APAR), serta teknik memadamkan api.

Training dilakukan di sebuah lapangan luas, tepatnya di depan tenda marshal.

Medium peraga menggunakan ban yang dibakar berkali-kali.

Secara bergantian, para marshal yang sebagian besar sudah bertugas sejak WSBK ini mencoba kelincahan dan kemahiran mereka melawan Si Jago Merah.

“Kalau crash berjarak jauh dari lokasi kalian, APAR jangan ditenteng dengan tangan tetapi harus dibopong di bahu,” ujar instruktur dari pihak Damkar, Ram Amzar Sabad, dalam keterangan resmi, Rabu (16/3/2022).

Taufik juga mengarahkan agar para marshal menjaga jarak aman 3 meter dari api yang berkobar dan memperhatikan arah angin.

Baca Juga: Pinjam Tenaga Profesional Malaysia, 10 Marshal dan 4 Staf Didatangkan dari Sepang untuk MotoGP Indonesia 2022

Marshal MotoGP Mandalika diberi pelatihan pemadaman api di sirkuit.
Dok. Humas MGPA
Marshal MotoGP Mandalika diberi pelatihan pemadaman api di sirkuit.


Selain itu, penting juga bagi para marshal untuk memantau kondisi setelah api mati.

“Begitu sudah mati, penting untuk tidak langsung meninggalkan motor karena selalu ada kemungkinan api menyala lagi,” lanjutnya.

Setiap pos jaga marshal dilengkapi oleh dua APAR berukuran sedang, satu yang berisi dry chemical powder dan satu lagi busa (foam).

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa