Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Susul Mitsubishi Eclipse Cross, Toyota Corolla Cross Bensin Bakal Pamit dari Indonesia, Hanya Tersisa Varian Hybrid?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 13 Maret 2022 | 18:05 WIB
Toyota Corolla Cross bensin tidak lagi dijual di Indonesia.
Trybowo Laksono
Toyota Corolla Cross bensin tidak lagi dijual di Indonesia.

GridOto.com - Sejak tampil perdana di Indonesia pada 2020 lalu, Corolla Cross diharapkan mampu dongkrak penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan membawa nama besar 'Corolla'.

Hanya saja kenyataan berkata lain untuk Toyota Corolla Cross bensin non-hybrid, yang didaulat sebagai varian termurahnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), wholesales Toyota Corolla Cross bensin nihil alias tidak ada aktivitas pengiriman dari pabrik ke dealer sejak Januari 2022 lalu.

Jauh berbeda dengan Toyota Corolla Cross hybrid yang berhasil membukukan wholesales sebanyak 228 unit, selama periode Januari hingga Februari 2022.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, pun tidak menampiknya dan mengungkapkan bahwa Toyota kini memilih fokus jual Corolla Cross varian hybrid ketimbang bensin.

Nasib serupa juga sudah dialami Toyota C-HR bensin, yang tidak lagi dipasarkan dan hanya tersedia varian hybrid. 

"Saya rasa memang sebaiknya fokus ke hybrid, karena memang era-nya sudah ke sana," ujar pria yang akrab disapa Anton ini saat dikonfimasi di pameran Jakarta Auto Week (JAW), sabtu (12/3/2022).

Lanjut menurut Anton, keputusan tersebut didasari oleh minimnya kontribusi penjualan lantaran permintaan Toyota Corolla Cross bensin yang terus menurun.

Baca Juga: Toyota Mulai Ragu Jualan C-HR Bensin di Indonesia Karena Sepi Peminat, Wholesales Terpantau Nihil, Sudah Bisa Ucapkan Sayonara?

"Ke depannya kami akan fokus ke hybrid pastinya. Karena 70, 80, bahkan kadang-kadang 90 persen dari demand (permintaan) adalah menuju ke hybrid," tutur Anton lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa