Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Satlantas Polrestro Bekasi Sosialisasikan Operasi Keselamatan Jaya 2022

M. Adam Samudra - Rabu, 2 Maret 2022 | 08:55 WIB
AKP Yendrizen sosialisasi Ops Keselamatan Jaya
Adam Samudra
AKP Yendrizen sosialisasi Ops Keselamatan Jaya

GridOto.com - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi menggelar sosialisai Operasi Keselamatan Jaya 2022 mulai hari ini hingga dua pekan ke depan di wilayah hukum Kabupaten Bekasi.

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi AKP Yendrizen  mengatakan, sebelum menjalankan operasi, petugas terlebih dahulu mengikuti apel gelar pasukan di Mapolda Metro Jaya.

"Operasi kali ini bersifat preemtifpreventif, serta tanpa ada penindakan sehingga hanya difokuskan pada imbauan kepada pengendara terutama terkait protokol kesehatan yang wajib dikedepankan," kata Yendrizen saat ditemui GridOto.com, Selasa (1/3/2022).

Yendrizen mengaku masih banyak pengguna jalan di area Simpang SGC yang melakukan pelanggaran lalu lintas dengan tidak memakai helm, sabuk pengaman, hingga melawan arus.

Pihaknya mengimbau segenap warga untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas, melengkapi kendaraan dengan surat-surat saat bepergian, serta menerapkan protokol kesehatan ketat demi mencegah penularan virus corona.

Dia menjelaskan berdasarkan surat perintah Operasi Keselamatan Jaya 2022 digelar di Simpang SGC Cikarang dan Jalan RE Martadinata hingga Terminal Kalijaya Cikarang.

Sekedar informasi, ada pelanggaran yang disasar, pertama, pengemudi kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel.

Jika melanggar, pengemudi dapat dapat dijerat Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan sanksi kurungan tiga bulan atau denda maksimal Rp750 ribu.

Kedua, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur. Pengemudi dapat dikenakan sanksi kurungan empat bulan atau denda maksimal Rp1 juta sebagaimana diatur dalam Pasal 281 UU LLAJ.

Baca Juga: Operasi Keselamatan Jaya 2022, Ini Tujuh Jenis Pelanggaran yang Disasar Polisi Beserta Sanksinya

Ketiga, berboncengan lebih dari satu orang. Ini terkait pelanggaran Pasal 292 juncto Pasal 106 ayat (9) dan dapat dikenakan sanksi kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa