Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Gampang Merawat Suzuki GSX-R150, Spare Part Orisinal Mudah Didapat, Segini Biaya Servisnya

Harun Rasyid - Minggu, 27 Februari 2022 | 20:00 WIB
Suzuki GSX-R150
GridOto.com
Suzuki GSX-R150

GridOto.com - Suzuki GSX-R150 bekas keluaran 2017 hingga 2021, bisa jadi opsi menarik untuk yang ingin memiliki Sport Fairing 150 cc dengan harga terjangkau.

Selain usianya masih relatif muda, Suzuki GSX-R150 menawarkan mesin DOHC 147,3 cc berpendingin cairan yang dikenal kencang di kelasnya.

Tapi sebelum meminang Suzuki GSX-R150 bekas, ada baiknya kamu mengetahui anjuran perawatannya.

Rahmat, Owner bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT) di Depok, mengatakan kunci perawatan Suzuki GSX-R150 yaitu jangan sampai telat ganti oli mesin dan rutin membersihkan throttle body.

"Mesin GSX-R150 itu kuat dan bandel, perawatannya juga gampang, cuma rutin ganti oli saja jika mesin sudah terasa agak enggak enak sama rajin bersihkan throttle body," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (25/2/2022).

Rahmat menyarankan, waktu ganti oli mesin GSX-R150 sebaiknya jangan berpatokan dari odometernya.

"Alasannya karena kalau dilihat dari kilometer (km) misalnya per 2.000 km, akan kurang pas dan kelamaan, sebab jalanan di dalam kota ini padat jadi di posisi diam saja semisal di kemacetan, mesin dan oli motor tetap bekerja," katanya.

Karena itu, oli mesin Suzuki GSX-R150 sebaiknya diganti paling tidak sebulan sekali.

Untuk olinya bisa pakai SAE 10W40 sebanyak 1,3 liter, karena jika hanya satu liter akan kurang.

Baca Juga: Seken Keren - Suzuki GSX-R150 Bekas Tawarkan Mesin Kencang hingga Desain Modern, Kondisi Mulus Mulai Rp 16 Jutaan

Bengkel yang berlokasi di wilayah Sawangan Depok tersebut, biasanya memakai oli Federal Racing dengan harga Rp 50 ribuan per liter.

Setelah ganti oli mesin, servis rutin Suzuki GSX-R150 bisa dimulai dari membersihkan throttle body, cek kondisi sistem pengereman, tali kopling, filter fuel pump, hingga bagian lainnya seperti kaki-kaki dan roda.

Biaya servis rutin GSX-R150 di bengkel yang biasa menggarap motor Suzuki ini dipatok Rp 115 ribu, di luar spare part yang diganti.

Lebih lanjut, perawatan rutin Suzuki GSX-R150 juga terbilang mudah karena spare part orisinalnya tidak susah didapat.

Bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT) di Depok.
Harun/GridOto.com
Bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT) di Depok.


Selain itu harga spare part orisinal GSX-R150 juga dianggap terjangkau, misalnya untuk harga ring seher biasanya dibanderol Rp 65 ribu.

Nah bagi yang tertarik meminang Suzuki GSX-R150 bekas, saat ini harganya berkisar Rp 14,5 juta hingga Rp 26,5 juta tergantung tipe dan kondisinya.

Jabrik Motor Racing Team (JMRT)

Jalan Muchtar Raya, Sawangan Depok, Jawa Barat.

Telp: 0897-6591-233

Baca Juga: Seken Keren - Cara Upgrade Performa Suzuki GSX-R150 dengan Mesin Standar, Aman Buat Harian, Biayanya Rp 200 Ribuan

 

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa