Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mirip Honda PCX 160, Ini Fungsi Kotak Hitam di Kolong Roda Vario 160

Muhammad Farhan - Selasa, 22 Februari 2022 | 11:40 WIB
Resonator terpasang di saluran intake Honda Vario 160
Farhan
Resonator terpasang di saluran intake Honda Vario 160

GridOto.com – Mirip seperti yang terdapat di motor Honda PCX 160, inilah fungsi kotak hitam yang terpasang di area kolong roda Honda Vario 160.

Saat diamati, kotak hitam yang seperti tabung ini terhubung dengan saluran intake filter udara yang mengarah ke throttle body.

Menurut pihak pabrikan, keberadaan kotak hitam tersebut ternyata memiliki fungsi dengan tujuan optimalisasi saluran udara.

“Kotak hitam tersebut adalah resonator, terpasang di jalur intake untuk mengurangi suara isapan udara yang masuk saat motor sedang melaju,” ungkap Ade Muhajir, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM).

Baca Juga: Masih Nekat Lepas Box Filter Udara Motor di Musim Hujan? Ini Risikonya

Hasilnya, suara ngorok atau berdesis yang mungkin hadir saat motor dipakai berakselerasi bisa diatasi dengan adanya resonator.

Hal ini merupakan yang pertama di motor Honda Vario, karena komponen tersebut tidak ditemui di jalur intake Vario generasi sebelumnya.

Honda Vario 160
Aant/otomotifnet.com
Honda Vario 160

Merujuk pada spek PCX 160, maka Vario 160 juga kemungkinan mengalami perubahan kapasitas boks filter serta diameter throttle body yang lebih besar dari Vario 150 lama.

Enggak hanya mengalami peningkatan dari segi performa, dengan resonator hasilnya diharapkan motor akan tetap terdengar halus ketika berakselerasi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa