Sepanjang 2022, Korlantas Polri Catat 15.265 Kejadian Kecelakan, Kerugian Tembus Rp 47 Milliar Lebih

M. Adam Samudra - Kamis, 17 Februari 2022 | 13:07 WIB
Artis Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah tewas kecelakaan di ruas tol Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 673+300/A.
Twitter
Artis Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah tewas kecelakaan di ruas tol Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) KM 673+300/A.

GridOto.com - Berdasarkan data yang dihimpun Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) sejak 1 Januari- 17 Februari 2022 , sudah terdapat 15.265  kejadian kecelakaan di seluruh Indonesia.

Dari 15.265 kejadian itu, terdapat korban luka ringan 18.254 orang, luka berat 1.562 orang, dan meninggal dunia sebanyak 2.816 orang.

Dengan demikian, total kerugian material akibat kecelakaan tesebut mencapai lebih dari Rp 47 milliar.

Lantas mengapa angka luka ringan lebih besar dari angka kejadian?

Menanggapi hal itu, Kasi Sidik Laka, Subditlaka Ditgakkum AKBP Tri Yulianto pun berikan penjelasan.

"Jadi jumlah kejadian tidak mungkin sama dengan jumlah korban laka, misalnya 1 kejadian laka melibatkan mobil sama mobil, ternyata hanya rugi materi dan korban luka ringan penumpangnya ada 4 orang. Contoh kecilnya seperti itu," kata Tri kepada GridOto.com, Kamis (17/2/2022).

Berdasarkan fakta tersebut, imbuhnya, kematian pada kecelakaan lalu lintas terjadi pada usia produktif yaitu para pelajar.

"Korban kecelakaan didominasi usia 22-29 tahun," bebernya.

Dengan demikian, menurutnya, penting membangun kesadaran sejak dini bagi generasi muda agar dapat tertib dalam berlalulintas, mematuhi peraturan yang ada sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga: Berkaca dari Kecelakaan Lexus Remuk Seruduk Truk di Tol JORR, Segini Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Besar

Selain itu, pada kesempatan yang sama, AKBP Tri juga mengajak para pelajar untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan saat bertransportasi.

Mulai dari keberangkatan, selama perjalanan dan ketika sampai tujuan.


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa