Ringsek! Transjakarta Tabrak Trotoar di Duren Sawit, Ini Penyebabnya

M. Adam Samudra - Jumat, 11 Februari 2022 | 11:30 WIB
Lagi kecelakaan transjakarta di Jalan Raden Inten, Jakarta Timur
@jktinfo
Lagi kecelakaan transjakarta di Jalan Raden Inten, Jakarta Timur

GridOto.com - Bus Transjakarta kembali mengalami kecelakaan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (11/2/2022) pagi.

Bus menabrak pembatas jalan dan rambu.
Bus tampak masuk ke taman di batas jalan. Bodi depan bus tersebut tampak ringsek.
 
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, kecelakaan itu terjadi sekira pukul 09.00 WIB.

"Jadi kejadiannya Busway itu melaju dari arah barat mau ke timur tapi setelah Traffic Light (TL) Citra Mall karena kurang konsenterasi pengemudi tidak bisa menguasai kendaraan sehingga tabrak trotoar," kata Edy saat dihubungi GridOto.com, Jum'at (11/2/2022).

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Hanya unit kendaraan yang hancur pada bagian depan.

"Kami menghimbau agar bagi pengemudi sopir transjakarta untuk selalu brrhati-hati. Kemudian lakukan pengecekan terhadap kondisi mobil secara rutin," bebernya.

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan visi misi perusahaan yang belum mencerminkan aspek keselamatan menjadi salah satu temuan hasil investigasi terhadap PT Transportasi Jakarta (TransJakarta).

"Kami melihat pada visi misi perusahaan belum tercemin mengenai aspek keselamatan, lebih kepada kenyamanan, kebersihan. Justru aspek keselamatan ini tidak tergambar dalam visi misinya," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam FGD yang digelar oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta secara virtual, Rabu.

Baca Juga: Enggak Terima Ditilang Karena Masuk Jalur Busway, Seorang Pemotor Hampir Duel dengan Polisi

Dari hasil investigasi menyeluruh terhadap TransJakarta, KNKT juga menyatakan manajemen risiko yang ada saat ini belum sesuai dengan peraturan menteri dan belum ada unit khusus keselamatan (safety).

Namun demikian, rekomendasikan KNKT untuk pembentukan unit khusus "safety" telah dilaksanakan oleh TransJakarta sebagai perbaikan jangka pendek.

"Kita harapkan dalam beberapa bulan, unit ini makin lama makin efektif, karena memang menangani keselamatan itu butuh waktu," kata dia.

Selain unit khusus "safety", KNKT juga merekomendasikan adanya unit "Quality Assurance System" yang menjadi pedoman bagi setiap karyawan maupun individu untuk menjalankan operasional di TransJakarta sesuai standar yang sudah diberlakukan.


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa