Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Solusi Atasi Kunci Kontak Motor Macet Akibat Kemasukan Air

Muhammad Farhan - Kamis, 10 Februari 2022 | 12:40 WIB
Ilustrasi Kunci motor macet
Gridoto.com
Ilustrasi Kunci motor macet

GridOto.com – Ternyata simpel, begini solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah kunci kontak motor yang macet akibat kemasukan air.

Masalah kunci motor macet ini bisa terjadi kapan saja, bisa disebabkan karena kemasukan air hujan atau semprotan air saat cuci motor.

Nah, kalau kunci kontak motor sudah terlanjur macet, berikut ini cara serta alat dan bahan yang perlu kalian siapkan untuk mengatasinya.

“Bisa semprotkan cairan penetran atau silicon spray ke bagian lubang kunci kontak secukupnya, lalu diamkan sejenak baru dicoba putar atau lepas kuncinya,” jelas Tian, pemilik toko Tian Kunci yang ada di Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Awas, Kalau Kunci Vespa Matic Hilang Bisa Keluar Uang Jutaan

Lakukan proses tersebut berulang, dengan cara putar dan lepas kunci motor dari lubang kunci kontak sampai dirasa kembali lancar digunakan.

Baik cairan penetran atau silicon spray, fungsinya bisa untuk merontokkan kotoran dan karat di komponen berbahan besi.

Lubang kunci jok juga jangan lupa untuk disemprot cairan penetran
Isal/GridOto.com
Lubang kunci jok juga jangan lupa untuk disemprot cairan penetran

Alternatifnya kalian juga bisa gunakan minyak goreng atau oli mesin namun jangan oli bekas, karena justru bakal memperparah kondisi lubang kunci motor.

“Cara diatas juga bisa dilakukan untuk pencegahan, terutama saat kondisi motor habis kehujanan atau habis cuci motor,” terangnya.

Baca Juga: Kunci Box Tambahan di Motor Hilang Atau Rusak? Segini Biaya Perbaikannya

Selain berlaku buat kunci kontak, cara ini juga bisa diterapkan buat lubang kunci tutup tangki bensin atau lubang kunci bukaan jok motor.

Ingat jangan lupa untuk dilumasi lebih dulu kalau kunci motor macet, jangan coba dipaksa karena bisa bikin kunci bengkok bahkan patah kalau nekat dilakukan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa