Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi

Mobil Baru Toyota GR Supra Ini Bisa Drifting Sendiri, Ini Rahasianya

Rayhansyah Haikal Wishnumurti - Kamis, 3 Februari 2022 | 19:36 WIB
Toyota Supra yang digunakan Toyota Research Institute untuk meriset teknologi otonom terbaru.
Toyota USA
Toyota Supra yang digunakan Toyota Research Institute untuk meriset teknologi otonom terbaru.

GridOto.com - Mobil baru Toyota GR Supra ini bisa melakukan drifting sendiri tanpa komando dari pengemudi, apa rahasianya?

Rahasianya Toyota GR Supra ini digunakan oleh Toyota Research Institute (TRI) Amerika Serikat untuk meriset teknologi kemudi otonom terbaru.

Dikembangkan bekerjasama dengan Dynamic Design Lab Stanford University, riset ini bertujuan merancang teknologi otonom yang mengurangi kecelakaan karena rintangan tiba-tiba atau jalan licin.

Teknologi ini juga membantu pengemudi pada skenario ekstrem yang mungkin harus melakukan manuver hingga melewati batas handling aman.

"Lewat proyek ini, kami memperluas batasan di mana mobil bisa dikontrol sehingga pengemudi biasa dapat mengatasi kondisi darurat yang paling menantang dan bisa lebih aman di jalan," kata Avinash Balachandran, Senior Manager Human Centric Driving Research TRI.

Toyota Supra saat melakukan drift otonom.
Toyota USA
Toyota Supra saat melakukan drift otonom.

Baca Juga: Toyota Supra A90 Kena Ubahan Simpel, Tampang Sangar Seperti Ikan Hiu

Kalau melihat mobilnya, Toyota GR Supra yang dipakai TRI sudah dimodifikasi mengikuti spek drift lengkap dengan roll cage, aero kit, jok balap, serta harness.

Namun berbeda dari Supra spek drift lainnya, TRI menyematkan teknologi otonom dengan komputer Nonlinear Model Predictive Control (NMPC).

Sekilas mengenai NMPC, ia merupakan salah satu model untuk mendapatkan solusi kendali optimal saat mobil otonom bertemu dengan rintangan.

Editor : Trybowo Laksono

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa