Street Manners - Jangan Pakai Model Ponco, Pilih Jas Hujan Bahan Ini Agar Nyaman dan Aman dari Basah

Wisnu Andebar - Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:37 WIB
Ilustrasi pengendara motor memakai jas hujan model ponco
Tribunnews Bogor
Ilustrasi pengendara motor memakai jas hujan model ponco

GridOto.com - Saat musim hujan seperti sekarang, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan penting bagi pengendara motor agar terhindar dari basah.

Namun, dalam memilih jas hujan sebaiknya jangan asal dan harus memerhatikan kualitas sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika hendak membeli jas hujan, sebaiknya hindari model ponco karena dapat membahayakan keselamatan.

"Dengan desainnya yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor," kata Hariadi dalam keterangan resminya, Jumat (28/1/2022).

"Selain itu, jas hujan ponco juga tidak efektif melindungi dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar, disarankan yang model press agar lebih rapat dan tidak ada celah air masuk," sambungnya.

Hariadi melanjutkan, pilih jas hujan yang ukurannya sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Jas hujan yang terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan dapat tersangkut di roda maupun gir rantai.

Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan.

Lebih lanjut, bahan jas hujan juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara. 

Baca Juga: Street Manners - Jangan Asal Pencet Klakson Saat Lampu Lalu Lintas Baru Hijau, Ada Etikanya

"Jas hujan bahan parasut dapat membuat penggunanya kepanasan dan tidak nyaman ketika bergerak dan bernapas, sedangkan jas hujan dari bahan plastik tentu tidak awet karena mudah sobek," tuturnya.

"Bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau bahan bening yang anti embun, misalnya jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap," terang Hariadi.

Ia menambahkan, sebaiknya pilih warna jas hujan yang terang atau mencolok agar terlihat pengendara lain terutama di malam hari.

"Misalnya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala, lebih baik lagi jika memilih jas hujan yang dilengkapi dengan scotlite atau reflector," pungkasnya.

 


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa