Street Manners - Mengemudi Saat Hujan dan Angin Kencang, Supaya Konsentrasi Tetap Terjaga Cukup Lakukan Hal Mudah Ini

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 20 Januari 2022 | 10:50 WIB
Ilustrasi hujan deras
Dok Otomotif
Ilustrasi hujan deras

GridOto.com - Hujan disertai hembusan angin kencang kerap melanda beberapa wilayah di Indonesia belakangan ini.

Bagi yang berkendara dikondisi cuaca seperti ini dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi selama di perjalanan.

Pasalnya tidak hanya membuat jarak pandang menjadi berkurang, hujan deras disertai hembusan angin kencang membuat fokus atau konsentrasi pengemudi menjadi menurun.

Untuk itu, pengemudi perlu memperhatikan beberapa hal agar konsentrasi selama berkendara tetap terjaga selama dalam perjalanan.

Sony Susmana selaku Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, agar konsentrasi tetap terjaga yang perlu diperhatikan pertama adalah kondisi fisik prima.

"Cara menjaga konsentrasi ini susah-susah gampang, yang perlu diperhatikan pertama tidur yang cukup atau istirahat rutin supaya konsentrasi tetap prima," ujar Sony kepada GridOto.com belum lama ini.

Jika kondisi fisik lemah seperti kurang istirahat maka akan mempengaruhi konsentrasi serta refleks pengemudi dalam mengendalikan kendaraan berkurang.

Selain itu, agar konsentrasi tetap terjaga selama berkendara perlu menghindari aktivitas yang membuat fokus pengemudi tercepah.

"Hanya mengemudi dan tidak melakukan aktivitas lain, karena kondisi hujan membuat distraksi di sekitar semakin tinggi," jelas Sony.

Baca Juga: Street Manners - Cipratannya Meresahkan Pengendara Lain, Jangan Asal Lepas Sepatbor Motor

Sony melanjutkan, pengemudi juga perlu mengontrol emosi agar stabil dalam mengambil keputusan dan menerapkan defensive driving atau berkendara yang mengedepankan kewaspadaan.

"Lima cara berkendara defensive itu menjaga jarak, kecepatan, eye contact, comentary driving dan bersiap dalam mengantisipasi," ungkapnya.

Terakhir, Sony mengimbau para pengemudi agar tidak memaksakan diri untuk berkendara apabila kondisi cuaca hujan deras dirasa membuat berkendara menjadi lebih berat.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa