Belajar dari Kecelakaan Maut Truk Diduga Rem Blong, Ini Pentingnya Servis Berkala Rem Mobil

Wisnu Andebar - Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:55 WIB
Kecelakaan truk diduga rem blong di Simpang Muara Rapak, Balikpapan
ATC
Kecelakaan truk diduga rem blong di Simpang Muara Rapak, Balikpapan

GridOto.com - Kecelakaan maut yang melibatkan truk kontainer dengan puluhan kendaraan terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022) pagi.

Dugaan sementara truk kontainer tersebut mengalami rem blong, sehingga menghantam mobil dan motor yang sedang berhenti di lampu merah.

Menurut Yudi Torres, Kepala Mekanik bengkel mobil YT Auto Service di Cinere, Depok, perawatan berkala pada rem kendaraan wajib dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Perawatan berkala sistem rem sendiri baiknya dilakukan bersamaan dengan servis berkala kendaraan, atau tiap kelipatan 10 ribu km," kata Yudi kepada GridOto.com, Sabtu (22/1/2022).

Yudi menjelaskan, servis berkala sistem rem ini meliputi pembersihan seluruh komponen dari tumpukan kotoran, karat, dan juga penggantian minyak rem bila diperlukan.

"Pembersihan part sistem rem meliputi wheel cylinder, piston, kaliper, kampas rem, dan juga saluran minyak rem," imbuhnya.

Namun, ia menyarankan saat musim hujan seperti sekarang sebaiknya dilakukan perawatan rem lebih dini dari yang ditentukan.

"Mengingat faktor air hujan dan cuaca juga mempercepat terjadinya korosi pada part sistem rem, yang membuat kinerjanya kurang maksimal," tuturnya.

Bicara soal biaya, jasa perawatan berkala sistem rem di YT Auto Service sendiri dibanderol sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu, belum termasuk penggantian spare part.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Truk di Balikpapan Diduga Masalah Rem, Ini Penyebab Rem Kendaraan Tiba-tiba Blong


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa