Seperti Ini Efek Sampingnya Pakai Air Biasa Buat Radiator Motor

Muhammad Farhan - Kamis, 27 Januari 2022 | 12:40 WIB
Ilustrasi thermostat motor
Tah Kim Motor
Ilustrasi thermostat motor

GridOto.com – Bikin ngeri, inilah efek samping pakai air biasa sebagai pengganti cairan pendingin atau radiator coolant pada radiator motor.

Sampai sekarnag masih banyak pengguna motor yang enggak paham dan mengira bahwa air biasa sama saja fungsinya seperti cairan coolant.

Meskipun bisa dipakai, penggunaan air biasa atau air keran serta air mineral kemasan sebagai pengganti radiator coolant ini efeknya bisa merusak mesin.

“Air biasa memang bisa berfungsi untuk mendinginkan mesin, namun kandungannya berbeda dengan radiator coolant,” terang Chandra, pedagang dari toko Sentra Otomotif, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Merawat Slang Radiator Motor Biar Lebih Awet

Pada air keran atau air mineral kemasan, terdapat kandungan mineral yang sifatnya bisa membuat bahan besi karat.

Selain itu, air biasa sifatnya mudah menguap dan tidak memiliki kandungan aditif layaknya air radiator coolant yang membuat titik didihnya menjadi lebih tinggi.

“Jika komponen di sistem pendingin seperti waterpump dan thermostat sampai korosi tentu bisa rusak. Mesin juga bisa jebol akibat korosi karena jalur air yang tersumbat,” ungkapnya.

Dinding blok silinder mesin keropos akibat air radiator
Farhan
Dinding blok silinder mesin keropos akibat air radiator

Sebagai informasi, pada air radiator coolant terdapat zat aditif yang berfungsi meredam panas mesin, mencegah karat, tahan penguapan serta anti beku.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa