Semua Harus Tahu, Ini Alasan Standar Samping Motor Ada di Sebelah Kiri

Wisnu Andebar - Jumat, 3 Desember 2021 | 10:20 WIB
All New Honda BeAT
Naufal/GridOto.com
All New Honda BeAT

GridOto.com - Sebagian besar motor yang dijual sudah pasti dilengkapi komponen standar samping dan tengah, yang berfungsi untuk menopang kendaraan saat parkir.

Meski beberapa jenis motor seperti sport fairing dan trail tidak disematkan standar tengah, namun tetap ada standar sampingnya.

Berbicara soal standar samping, hampir seluruh motor yang dijual di Indonesia bahkan dunia memiliki posisi standar samping di sebelah kiri.

Lantas, apa alasan standar samping motor letaknya ada di sebelah kiri?

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), peletakan posisi standar samping motor di sebelah kiri karena alasan kebiasaan.

"Jadi pengaruhnya kepada posisi dan kebiasaan tiap orang kalau mau mengendarai atau turun dari motor pasti lewat sebelah kiri, dan kaki kiri sebagai acuan atau tumpuan," kata Endro kepada GridOto.com belum lama ini.

"Karena alasan tersebut, standar motor diletakkan di sebelah kiri," sambungnya.

Selain itu, sejarah mengungkapkan posisi standar motor berada di kiri berawal ketika motor dan sepeda belum diciptakan, dan masih mengandalkan kuda sebagai salah satu alat transportasi.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu, Ternyata Ini Alasan Motor Sport Full Fairing Enggak Punya Standar Tengah


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa