Bikers Harus Tahu, Ternyata Ini Alasan Motor Sport Full Fairing Enggak Punya Standar Tengah

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 2 Desember 2021 | 19:05 WIB

Komparasi Yamaha R15, Honda CBR150R, Suzuki GSX-R150. Lebih ganteng mana? (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Standar tengah adalah salah satu komponen di motor yang berfungsi untuk menopang keseluruhan beban kendaraan agar seimbang saat diparkir.

Namun sebagian besar, atau bahkan hampir semua motor di segmen sport full fairing yang dijual di Tanah Air tidak disematkan standar tengah oleh pabrikan, sebut saja Honda CBR150R, Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150.

Lantas, apa yang jadi alasan di balik absennya fitur standar tengah pada motor sport full fairing?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan motor sport full fairing tidak dipasang standar tengah oleh pabrikan.

"Untuk motor sport full fairing dia mempunyai konsep racing, jadi begitu menikung akan rebah," ujar Endro kepada GridOto.com, Kamis (02/12/2021).

Kemudian, Endro menjelaskan alasan tidak disematkan standar tengah karena pertimbangan safety saat berada di jalan raya.

"Kalau ada standar tengahnya saat rebah akan bergesekan dengan aspal. Apalagi kalau standar tengah itu biasanya ada untuk injakan kaki, otomatis posisinya agak keluar nanti bisa berbahaya," sambungnya.

Endro menambahkan selain motor cc kecil, ini juga berlaku untuk big bike sport full fairing dengan konsep racing.

"Kalau big bike seperti Honda X-ADV atau Gold Wing tetap ada standar tengah, karena konsepnya tidak racing atau tidak dipakai di sirkuit," terang Endro.

Nah sobat GridOto.com sekarang paham kan, jadi jangan protes kalau motor sport full fairing tidak punya standar tengah.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Sabuk di Jok Belakang Motor Sport Ternyata Punya Fungsi Penting