Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sampaikan Pesan untuk Bangsa, Tujuh Seniman Tanah Air yang Mendunia Garap Mural di Tembok Gedung Kompas Gramedia

Harun Rasyid - Jumat, 26 November 2021 | 20:52 WIB
Salah satu seniman sedang membuat mural dalam acara Repaint Indonesia
Instagram.com/@repaintindonesia
Salah satu seniman sedang membuat mural dalam acara Repaint Indonesia

GridOto.com - Tujuh seniman muda Tanah Air yang telah mendunia menggoreskan karya muralnya dengan tema Indonesia Baru.

Tujuh seniman muda tersebut antara lain Monez Gusmang (Seniman asal Bali), Muchlis Fachri atau Muklay, Mayumi Haryoto, William Davis atau WD Willy, Shane Tiara, Bunga Fatia, dan Mohammad Taufiq atau Emte.

Mereka membuat gambar mural di tembok sisi utara sepanjang 110 meter di gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta dengan narasi masing-masing tentang pandangan, imajinasi atau harapan mereka untuk Indonesia.

Kegiatan mural bertajuk #RepaintIndonesia ini berlangsung selama tanggal 23-28 November 2021 setiap pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

“#RepaintIndonesia yang diprakarasi oleh Rekata Studio dan Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) mengusung 5 nilai, yakni memuliakan kehidupan, memuliakan perbedaan, memuliakan kerja, memuliakan pengetahuan, dan memuliakan kreativitas," kata Candra Gautama, editor senior penerbit KPG, sekaligus penggagas #RepaintIndonesia.

Menurut Candra, semua mural dilakukan lewat kerja-kerja kebudayaan yang merupakan suatu bidang kerja yang bersifat lentur dan universal.

Mural sedang digarap salah satu seniman di dalam acara Repaint Indonesia
Instagram.com/@repaintindonesia
Mural sedang digarap salah satu seniman di dalam acara Repaint Indonesia


Ia juga menilai, 5 nilai dalam #RepaintIndonesia menjadi prasyarat bagi bangsa Indonesia demi menjadi bangsa yang maju dan harmonis.

Selain itu #RepaintIndonesia juga menaruh perhatian terhadap lima tema fundamental bangsa yakni etnisitas, keragaman hayati dan perubahan iklim, negeri cicin api, keragaman pangan lokal, dan masalah urban.

Baca Juga: Sejumlah Fasilitas di Rest Area KM88 Tol Purbaleunyi Arah Jakarta Ditambah, Ada Mural 3D Buat Swafoto dan Food Truck

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa