Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners - Jangan Malah Ngebut, Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara di Jalanan Gelap

Muslimin Trisyuliono - Senin, 15 November 2021 | 19:10 WIB
Mengemudi saat gelap
Mengemudi saat gelap

GridOto.com - Ketika berkendara di malam hari, tidak jarang pengendara harus melewati jalan yang pencahayaannya cukup minim alias gelap.

Suasana jalan yang gelap tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara, karena kalau salah menyikapi cukup berbahaya.

Misalnya saja ketika melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik yang harus melewati pedesaan, biasanya memiliki penerangan minim.

Andry Berlianto selaku Praktisi Defensive Driving dan Defensive Riding Indonesia mengatakan ada potensi bahaya yang dialami pengendara jika melewati jalan gelap.
    
"Jika berpapasan dengan kendaraan lain, lalu terpapar dan kaget bisa menjadi buta sesaat dan sulit beradaptasi dengan cepat," ujar Andry kepada GridOto.com, Senin (15/11/2021).

Oleh sebab itu, Andry menerangkan ada beberapa hal yang bisa diperhatikan pengendara guna menunjang keselamatan melewati jalan gelap.

"Tipsnya kabin dalam keadaan redup atau kurangi cahaya berlebih di dalam kabin agar mata tetap bisa menyesuaikan pandangannya dengan kondisi di luar," jelas Andry.

"Mata butuh beberapa saat beradaptasi dalam gelap dan mengurangi intensitas cahaya dapat membantu proses penyesuaian," sambungnya.

Baca Juga: Street Manners: Bisa Pengaruhi Konsentrasi Saat Riding, Jangan Papas Tipis Busa Jok Motor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa