Banderol Asli Pertalite Rp 11.000 Per Liter, Pertamina Akui Produksi BBM dan Profitnya Sedang Tertekan, Harga Bakalan Naik?

Harun Rasyid - Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Pengisian Pertalite
Otomotifnet/Antonius Yuliyanto
Pengisian Pertalite

GridOto.com - BBM Pertamina jenis Pertalite kini dijual di bawah harga keekonomian yang sebenarnya mencapai Rp 11.000 per liter.

Hal ini disebabkan karena melambungnya harga minyak dunia yang sudah di atas US$ 70 per barel atau Rp 994.542 (Kurs 1 US$ = Rp 14.207 per 29 Oktober 2021).

Meski begitu, hingga kini Pertamina masih membanderol Pertalite dengan harga tetap semisal Rp 7.650 per liter di Pulau Jawa, Pulau Bali hingga Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Timur.

Lantas bagaimana dengan harga Pertalite untuk kedepannya?

Irto Ginting, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mengatakan, pihaknya masih berkomunikasi dengan pemerintah terkait harga Pertalite tersebut.

"Kami masih dikoordinasikan dengan pemerintah soal langkah pemerintah yang akan memberikan kompensasi soal harga Pertalite," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Jumat (29/10/2021).

Namun Irto mengakui, tingginya harga minyak dunia saat ini memberikan tekanan signifikan atas beban pokok produksi BBM sekaligus juga makin menekan profitabilitas Pertamina.

"Walaupun demikian, sampai saat ini Pertamina tidak menaikkan harga BBM karena Pertamina memahami perhatian pemerintah terhadap penurunan daya beli masyarakat pasca pandemi," paparnya.

Baca Juga: Periode Diskon Pertalite di SPBU Sudah Habis, Pertamina Jelaskan Alasannya, Jenis BBM Lain Masih Ada Kortingan Sob


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa