Periode Diskon Pertalite di SPBU Sudah Habis, Pertamina Jelaskan Alasannya, Jenis BBM Lain Masih Ada Kortingan Sob

Harun Rasyid - Rabu, 27 Oktober 2021 | 06:08 WIB

Ilustrasi Pertalite harga khusus (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Pertamina hingga kini masih membanderol Pertalite Rp 7.650 per liter di tengah kondisi melambungnya harga minyak mentah dunia.

Dilansir Kompas.com, Soerjaningsih selaku Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM mengungkapkan, harga keekonomian Pertalite saat ini seharusnya sudah di kisaran Rp 11.000 per liter.

Menurutnya, alasan harga Pertalite stabil dan tidak mengikuti perkembangan harga minyak mentah dunia yakni, demi menjaga daya beli masyarakat yang baru mulai pulih dari Pandemi Covid-19.

Bicara harga Pertalite, beberapa waktu lalu BBM dengan RON 90 ini sempat didiskon dalam Program Langit Biru yang berlaku di beberapa daerah di tanah Air.

Pertalite harga khusus ini berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda tiga, hingga mobil berpelat kuning seperti angkot dan taksi. 

Namun dari pantauan GridOto.com di wilayah Tangerang, diskon harga Pertalite kini sudah tidak berlaku di SPBU Pertamina sejak 18 Oktober 2021.

Menanggapi hal ini, Area Manager Communication, Relations & CSR MOR III  Pertamina Pemasaran Regional Jawa bagian Barat, Eko Kristiawan menyebut jika diskon harga Pertalite hanya berlangsung secara sementara.

"Pertalite harga khusus merupakan program edukasi melalui promosi yang bertujuan untuk memberikan pengalaman menggunakan BBM yang lebih baik kepada masyarakat," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Figur - Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB, Usulkan Hapus 4 Jenis BBM Termasuk Pertalite Demi Standar Euro 6