Masuk Musim Hujan, Begini Cara Rawat Sokbreker Depan Motor Biar Awet

Muhammad Farhan - Senin, 25 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi sokbreker upside down
Uje
Ilustrasi sokbreker upside down

GridOto.com – Masuk musim hujan, begini panduan cara merawat sokbreker depan motor biar awet meski dipakai melewati beragam kondisi jalan.

Supaya motor tetap nyaman dikendarai, tentu kondisi kaki-kaki termasuk sokbreker harus lebih rajin dibersihkan terutama saat dipakai berkendara di kondisi hujan.

Apapun jenis motor maupun tipe sokbreker depan yang digunakan, ternyata kunci dalam menjaga kondisi sokbreker adalah kebersihan motor keseluruhan.

“Mau sokbreker teleskopik biasa atau upside down, kalau untuk perawatan sama saja yaitu segera dibersihkan kalau sudah kotor,” jelas Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Asal Meninggikan Sokbreker Upside Down Bikin Part Ini Gampang Rusak

Dalam kondisi habis dipakai dalam keadaan hujan dan jalanan tergenang air, pertama caranya yaitu dengan membilas bagian sokbreker yang kotor pakai air bersih.

Selanjutnya usapkan dengan air sabun, khususnya ke seputar bagian batang as sokbreker (inner tube), namun jangan sampai salah caranya.

Ruslan Abdul Gani

“Pada dasarnya proses pembersihan bagian batang as sokbreker sama, namun antara sok teleskopik biasa dan upside down arahnya berbeda,” lengkap Pak De Joko, panggilan akrabnya.

Jika sokbreker biasa diusap dari bagian bawah ke atas, pada sokbreker upside down diusap dari bagian atas ke bawah.

Baca Juga: Motor Matic Mendadak Oleng Seperti Ban Bocor, Coba Cek Area Ini


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa