Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas, Ini Efek Negatif Ganti Sokbreker Belakang Lebih Pendek di Motor

Muhammad Farhan - Rabu, 25 Agustus 2021 | 19:20 WIB
Shock belakang RCB dan swingarm King Drag
Ming Phonq
Shock belakang RCB dan swingarm King Drag

GridOto.com – Perlu dipahami, ini efek negatif ganti sokbreker belakang dengan ukuran yang lebih pendek dari bawaan motor.

Bagi pengguna motor yang merasa jok motornya ketinggian dan harus jinjit saat berhenti, salah satu hal yang umum dilakukan adalah ganti sokbreker belakang dengan yang ukuran lebih pendek.

Hal ini juga biasanya dilakukan buat bikers yang motornya berkonsep balap drag supaya lebih padat dan diyakini makin stabil di trek lurus.

“Mungkin jadi lebih nyaman buat yang berpostur pendek, namun tentu berisiko mentok saat lewat jalan rusak, terutama saat dipakai berboncengan,” ujar Romandono dari bengkel Joko Shock Jaya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Pakai Paket Kit YSS Ini Bikin Sok Depan Bawaan Motor Bisa Disetel

Contohnya pada roda belakang, jadi rentan menggesek dan membentur kolong sepatbor kalau ukuran sokbreker yang terlalu pendek.

Pada motor matic, pakai sok belakang yang kelewat pendek juga bikin bodi bagian bawah atau engine mounting rentan lecet bahkan bisa penyok akibat terbentur objek di jalan.

Modifikasi Yamaha NMAX jadi drag bike
Set By Sar
Modifikasi Yamaha NMAX jadi drag bike

“Kalau terlalu pendek, efeknya sokbreker juga bisa terasa makin keras. Karakter handling motor jadi berubah dan enggak nyaman saat lewat jalan rusak,” lengkapnya.

Hal di atas mungkin enggak terlalu jadi persoalan buat motor yang hanya dipakai balap yang jalannya mayoritas mulus, namun bisa menyulitkan buat motor harian.

Baca Juga: Bukan Cuma Oli Bocor, Ini Ciri Sokbreker Depan yang Mulai Rusak

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa