Seken Keren - Bunyi Ngorok di Kompresor AC Nissan Serena C26? Ini Penyebab dan Biaya Perbaikannya

Naufal Shafly - Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:20 WIB
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)
Kompas.com
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)

GridOto.com - Nissan Serena C26 yang hadir medio 2013-2017 kini harganya sudah relatif murah, yakni mulai Rp 149 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Buat sobat yang berminat meminang Nissan Serena generasi keempat ini, kompresor AC merupakan salah satu bagian yang harus mendapatkan perhatikan ekstra.

Menurut Kepala Mekanik bengkel spesialis Central Nissan, Samsul Solihin, salah satu masalah yang sering ditemui di Serena C26 adalah kompresor AC yang mengeluarkan bunyi 'ngorok'.

"Penyebabnya sih biasanya karena enggak pernah perawatan. Orang mungkin menganggap AC  mobilnya masih dingin jadi mereka cuek aja," ucap Samsul kepada GridOto.com, Jumat (15/10/2021).

Samsul pun mengingatkan, kompresor AC sejatinya harus dirawat secara berkala agar performanya tetap terjaga.

"Sebenarnya kompresor AC itu tiap kelipatan 40.000 km harus ganti oli kompresor, ganti freon, dan ganti dryer kompresornya," papar pria asal Kebumen, Jawa Tengah ini.

Jika kompresor AC Nissan Serena C26 sudah terlanjur ngorok, ia mengatakan penanganannya adalah dengan cara menguras oli kompresor tersebut.

"Coba kuras dulu oli kompresornya, kalau emang masih tetap bunyi ya mau enggak mau harus ganti kompresor AC-nya," kata Samsul.

Baca Juga: Seken Keren - Kembalikan Kenyamanan, Intip Daftar Harga Kaki-kaki Nissan Serena C26 di Bengkel Spesialis

Di bengkel Central Nissan, biaya servis kompresor AC yang ngorok adalah Rp 300 ribu yang sudah termasuk kuras oli, ganti freon dan jasa.

"Kalau sudah enggak bisa diservis, ganti kompresor AC itu harganya sekitar Rp 6 juta pakai part original, kalau pakai part aftermarket Thailand sekitar Rp 2,5 juta," tutupnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa