Heboh Tarif Parkir Sampai Rp 150 Ribu di Lembang, Pemprov Jabar dan Pengelola Area Wisata Akui Sudah Sering Kejadian Begini

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:30 WIB
Karcis parkir Rp 150 ribu dari tukang parkir liar di Lembang
Hilman Kamaludin / Tribun Jabar
Karcis parkir Rp 150 ribu dari tukang parkir liar di Lembang

GridOto.com - Sebuah tempat wisata di kawasan Lembang, Bandung, dibikin heboh akibat ulah tukang parkir yang memungut biaya sampai Rp 150 ribu sekali parkir.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata pemungutan biaya parkir tersebut dilakukan oleh oknum tukang parkir di tempat wisata Farmhouse, Lembang.

Aksi parkir liar itu dilakukan oleh oknum warga berinisial KA (29), MJ (23), dan YC (41) terhadap pengelola bus pariwisata pada Sabtu (9/10/2021).

 

Kejadian ini jadi ramai karena berhasil direkam dan ramai diunggah di media sosial.

Video viral itu memperlihatkan seorang pengunjung mengeluhkan harga parkir bus yang mencapai Rp 150.000 di kawasan wisata Farmhouse dan The Great Asia Afrika, Kecamatan Lembang KBB.

Kanit Intel Polsek Lembang Iptu Dindin Sofian mengatakan, setelah video itu viral, polisi melakukan penelusuran dan menangkap tiga pelaku parkir liar. Saat ini, ketiganya sudah diamankan dan sedang dimintai keterangan.

"Jadi kronologinya melihat berita dari medsos ada video dari warga bahwa ada pungli tarif kendaraan di kawasan wisaga Farmhouse. Selanjutnya melakukan penyidikan dan pelaku sudah diamankan dimintai keterangan termasuk yang mengunggah video tersebut," ujar Dindin, saat dihubungi, Senin (11/10/2021).

Dari hasil pemeriksaan, pelaku awalnya mempersilakan bus untuk parkir di lahan milik perorangan. Pelaku kemudian menyodorkan selembar tiket parkir dengan biaya Rp 150.000.

"Alasannya (pelaku) itu uang untuk menjaga keamanan. Kemudian yang menggunggah video itu keberatan. Tiket parkirnya juga bukan milik pemda," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Kabar Dedi Taufik mengatakan harga tarif parkir yang mahal akan memberikan kesan negatif dari para wisatawan. Imbasnya, jumlah kunjungan pun menurun dan kembali berdampak pada ekonomi masyarakat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Andre Li (@andreli48)

 Baca Juga: Geber Yamaha WR 155 R, Member WR Owners Indonesia Ramai-ramai Asah Skill Off-road di Lembang


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa