Street Manners - Waspada Jalan Licin Karena Cuaca Hujan, Pengendara Motor Perhatikan Ini Supaya Aman

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 22 September 2021 | 19:25 WIB
Riding dalam cuaca hujan
Istimewa
Riding dalam cuaca hujan

GridOto.com - Berkendara naik motor di cuaca hujan memang tidak bisa sembarangan dan harus ekstra hati-hati di jalan raya.

Selain membuat jarak pandang akan terganggu, jalan menjadi licin membuat pengendara rawan terpeleset sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Apalagi sejumlah pemotor di jalan biasanya malah justru menambah kecepatan saat terjadi hujan yang bisa mengundang bahaya.

Andry Berlianto selaku Praktisi Safety Riding and Safety Driving Indonesia mengatakan yang harus dilakukan saat berkendara di cuaca hujan yaitu kurangi kecepatan.

"Perhatikan saat berkendara di cuaca hujan, ubah karakter berkendara menjadi lebih hati-hati, waspada dan mengurangi kecepatan dari kecepatan normal," ujar Andry Berlianto kepada GridOto.com, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya dengan mengurangi kecepatan, para bikers bisa terhindar dari risiko seperti motor tergelincir di jalan yang licin.

Ia menjelaskan tak kalah penting menjaga jarak aman antarkendaraan di depan dan mengantisipasi jika adanya genangan air.

Lebih lanjut, Andry mengungkapkan ada beberapa poin penting perlu dipersiapkan sebelum berkendara saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Street Manners: Jangan Asal, Begini Cara Aman Lewati Perlintasan Kereta Api yang Licin


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa