Street Manners - Main Asal Potong Pasti Dihujat, Begini Etika Pindah Jalur Saat Berkendara di Jalan Tol

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 15 September 2021 | 13:05 WIB
Ilustrasi menyalip kendaraan secara zig-zag
youtube/Official Trailer 2 TARGET (2018)
Ilustrasi menyalip kendaraan secara zig-zag

GridOto.com - Ketika bepergian melewati jalan tol tentunya pernah bertemu pengendara yang pindah jalur dengan sembarangan.

Misalnya, mobil yang berada di jalur kanan tiba-tiba memotong untuk menyusul atau mendahului kendaraan yang ada didepannya.

Atau juga pengendara yang berpindah dari jalur lambat ke jalur cepat demikian juga sebaliknya.

Sony Susmana selaku Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan perilaku pindah jalur secara sembarangan ini sangat membahayakan.

Sehingga, ia menyarankan lebih baik jauhi ketika bertemu pengendara dengan perilaku tersebut agar terhindar terjadinya kecelakaan.

"Saat bertemu pengemudi yang berpindah jalur secara agresif segera jauhi dan kasih jalur untuk menghindari tabrakan," ujar Sony Susmana kepada GridOto.com, Selasa (14/09/2021).

Sony pun memberi tips, perihal etika pindah jalur yang aman saat berada di jalan tol.

"Pertama tentukan jalur sesuai kecepatan dan ikuti irama kecepatan agar selaras dan terhindar dari tabrak belakang. Ketika berpindah jalur pastikan ada kepentingan untuk mendahului dan lakukan dari sisi kanan," terangnya.

Baca Juga: Street Manners - Jangan Injak Pedal Apapun Saat Mengalami Pecah Ban, Ikuti Cara Ini Agar Mobil Tidak Terbalik


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa