Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mengulik Turbocharge, Teknologi Mesin yang Disematkan di Toyota Raize

Fathia Yasmine - Selasa, 31 Agustus 2021 | 10:29 WIB
Tampilan bodi belakang Toyota Raize
Dok. Toyota
Tampilan bodi belakang Toyota Raize

GridOto.com – Toyota Raize resmi mengaspal di Indonesia. Meski baru diperkenalkan pada 30 April lalu, cukup banyak pencinta otomotif yang rela melakukan inden demi menjajal sensasi berkendara dengan mobil  berjenis sport utility vehicle (SUV) kompak satu ini.

Menurut rilis resmi yang diterima redaksi GridOto, Kamis (12/8/2021), PT Toyota-Astra Motor (TAM) bahkan berhasil mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk  6.179 unit Toyota Raize pada Senin (14/6/2021).Adapun jumlah pemesanan model GR menjadi yang tertinggi dengan persentase sebesar 83,1 persen dari total SPK Toyota Raize.

Sebagai mobil generasi terbaru, daya tarik Toyota Raize tidak hanya datang dari fitur keamanan teranyarnya saja. Mobil ini juga mencuri perhatian berkat spesifikasi mesin yang diusung. Sebagai informasi, setiap varian Toyota Raize disediakan dengan pilihan mesin 1.000 cc yang dilengkapi 3-silinder turbo.

Teknologi turbo atau turbocharge merupakan perangkat induksi yang digerakan oleh turbin. Tenaga pada turbin berasal dari aliran udara knalpot yang nantinya akan memompa udara segar ke dalam mesin. Hasilnya, tenaga mobil pun meningkat drastis melebihi kapasitas aslinya.

Baca Juga: Penggemar The Beatles Harus Tahu, Aston Martin DB6 Jadi Saksi Bisu di Balik Lagu Hey Jude, Begini Kisahnya

Keberadaan teknologi turbo pada mobil sebenarnya bukan hal yang baru. Namun, teknologi turbo hanya digunakan oleh mobil-mobil supercar.

Pada lini produk Toyota, pemanfaatan turbo pertama kali dibenamkan pada supercar Toyota Supra yang punya dapur pacu 2.000 cc 4-silinder turbo di 1986. Tradisi penggunaan turbo bahkan terus berlanjut hingga Toyota Supra terbaru yang mengaspal di 2019.

Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, turbo tidak lagi eksklusif untuk mobil-mobil berkecepatan tinggi. Di Indonesia sendiri, teknologi turbo pertama kali diperkenalkan Toyota melalui Toyota Fortuner Diesel.

Kemudian, Toyota pun mengembangkan mesin turbo yang dikhususkan bagi mesin kompak atau kecil melalui Toyota GR Yaris yang mengadopsi mesin 1.600 cc 3-silinder dengan tenaga 272 PS dan torsi 370 Nm.

Baca Juga: Berjubah Biru BMW, Yamaha All New NMAX Kece Dikombo Aksesori Oke

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa