Jasa Marga Sebut Jalan Tol Samarinda-Balikpapan Siap Beroperasi, Waktu Tempuh Jadi Cuma Segini

M. Adam Samudra - Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:05 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samrinda
Jasa Marga
Jalan Tol Balikpapan-Samrinda

GridOto.com - PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) siap mengoperasikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km13) sepanjang 11,09 km.

Dengan beroperasinya dua seksi terakhir dari ruas jalan tol sepanjang 33,12 km ini, maka Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 97,99 km akan beroperasi penuh.

Direktur Utama PT JBS Jinto Sirait menjelaskan, dengan tersambungnya seluruh ruas tersebut maka semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

“Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100% ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda sehingga akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas jalan tol," kata Jinto melalui keterangam tertulisnya, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Jangan Coba-coba Putar Balik di Jalan Tol, Sanksinya Bikin Tekor

Ketika beroperasi nanti, maka akan ada dua gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. 

Antara lain Gerbang Tol (GT) Manggar yang terkoneksi dengan Jalan Mulawarman yang merupakan akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

“Dua gerbang tol yang terkoneksi langsung dengan lokasi strategis di Balikpapan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses Jalan Tol Balikpapan-Samarinda," tutupnya.

Sekadar informasi, jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang beroperasi penuh akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Balikpapan dan Samarinda.

Baca Juga: Jasa Marga Berlakukan Contra Flow di KM 13-17Jagorawi, Ada Apa?

"Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 3 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hanya sekitar 1 jam,  sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang,” tutup Jinto.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran. 

Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua Rest Area tipe A (ke depannya akan dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa