Gadai BPKB Demi Dana Cair Ternyata Bisa Lewat Showroom Mobkas, Ini Keuntungannya

Harun Rasyid - Kamis, 22 Juli 2021 | 20:57 WIB
Ilustrasi gadai BPKB mobil
GridOto.com
Ilustrasi gadai BPKB mobil

GridOto.com - Menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) ke pihak leasing maupun bank, jadi salah satu cara untuk mendapatkan dana pinjaman.

Dalam menggadai BPKB, biasanya pemilik kendaraan akan mendatangi langsung lembaga pembiayaan guna mendapat pinjaman dana yang dibutuhkan.

Namun hal tersebut, bisa juga dilakukan di showroom motor atau mobil bekas alias mobkas yang sudah bekerjasama dengan lembaga pembiayaan.

"Mengajukan pinjaman dana dengan gadai BPKB di showroom juga bisa selama showroom ada kerjasama dengan leasing. Justru kalau ke showroom, prosesnya akan lebih mudah," ujar Doni Prasetyo, Owner showroom mobil bekas Marno Jaya Motor (MJM) di Jakarta Selatan saat dihubungi GridOto.com, Rabu (21/7/2021).

"Alasannya menurut pihak leasing, showroom berperan sebagai penjamin tambahan dibanding pemilik kendaraan yang mengajukan pinjaman secara individu ke leasing langsung," sambungnya.

Selain itu menurut Doni, dana pinjaman dari hasil gadai BPKB lewat showroom dan perorangan juga diklaim berbeda.

"Dana yang dicairkan dari gadai BPKB melalui showroom yang kerjasama dengan leasing itu lebih besar dibanding pemilik kendaraan yang melakukan pengajuan langsung," katanya.

"Contohnya seseorang gadai BPKB Toyota Avanza tahun 2010 melalui showroom itu bisa cair Rp 60 juta, kalau dari individu langsung sekitar Rp 40 juta. Tapi ini hanya contoh perbandingan saja ya, bukan nilai fix dari gadai BPKB tersebut," sambung Owner showroom mobil bekas yang sudah bekerjasama dengan leasing selama delapan tahun tersebut.

Baca Juga: Bukan Ditaruh di Sekolah, Ternyata Ini Arti Istilah 'BPKB Disekolahin'


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa