Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Tipuan Online

Jangan Asal Percaya, Begini Cara Jitu Hindari Tipuan Online di Media Sosial

Harun Rasyid - Selasa, 29 Juni 2021 | 19:50 WIB
Ilustrasi. Tipuan Online
GridOto.com
Ilustrasi. Tipuan Online

GridOto.com - Beragamnya marketplace hingga media sosial, dapat dimanfaatkan oknum untuk melakukan tipuan online (tipon).

Modus tipuan online pun cukup beragam, mulai dari menjual kendaraan dan produk otomotif dengan harga tak wajar, hingga mengambil foto produk dari pedagang lain.

Selain itu, pelaku tipuan online juga beraksi dengan membuat akun dan marketplace sendiri dalam melancarkan modus kejahatannya.

Ayong Bunnarto, Owner bengkel dan toko aksesori spesialis Suzuki Jimny Mamba Motor di Jakarta Timur mengatakan, kini konsumen harus pandai memilih penjual demi menghindari tipuan online.

Baca Juga: Dari Yamaha NMAX hingga Honda Brio Dibanderol dengan Harga Murah, Pegadaian Bilang Ini Penipuan Online!

"Untuk transaksi di sosmed, pertama pilih seller yang jelas dan ramai aktivitas di akunnya. Misalnya komentar ramai dan berteman dengan penjual lain sesama penghobi atau komunitas di sosmed," ujar pria yang akrab disapa Ayong ini saat dihubungi GridOto.com, Selasa (29/6/2021).

"Selain itu jangan terlalu percaya jika followers di akun penjualnya banyak, karena follower itu bisa dibeli," lanjutnya.

Beberapa akun tipuan online (tipon) di sosial media.
instagram.com/vkwheelsgallery
Beberapa akun tipuan online (tipon) di sosial media.


Ayong mengatakan, konsumen bisa memanfaatkan fitur video demi menghindari tipuan online.

"Kalau foto produk kan bisa dicuri oknum dari penjual lain, tapi cara jitu biar enggak ketipu sebelum transfer uang dalam transaksi bisa dengan video call penjualnya langsung. Ini untuk mengecek produknya benar ada atau tidak," terang Ayong.

Baca Juga: Beredar KIA Rio Lansiran 2014 Dijual Rp 115 Jutaan dengan Kondisi Gres, Hati-hati! Bisa Jadi Ini Tipuan Online

Ia menambahkan, konsumen jangan percaya jika oknum mengatasnamakan pihak atau penjual lain yang sudah ternama.

"Konsumen saya ada yang ketipu gara-gara oknum memakai nama bengkel saya, mungkin orang kira dia cabang dari usaha saya padahal bukan. Nah ini konsumen harus hati-hati," tutup Pria yang biasa berdagang di akun Instagram @mamba_ajah tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa