Mitsubishi Pajero Sport Hilang Kendali Setelah Mengalami Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya Menurut Pakar Safety

Wisnu Andebar - Rabu, 26 Mei 2021 | 17:30 WIB
Mitsubishi Pajero Sport kecelakaan di Tol Jagorawi setelah mengalami aquaplaning.
Istimewa
Mitsubishi Pajero Sport kecelakaan di Tol Jagorawi setelah mengalami aquaplaning.

GridOto.com - Kecelakaan tunggal yang melibatkan Mitsubishi Pajero Sport terjadi di KM 26+900 Tol Jagorawi, Sentul, Bogor, Jawa Barat terjadi pada Minggu (9/5/2021) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB.

Beruntung pengemudi bernama I Made Donny beserta istrinya selamat dari peristiwa nahas ini dan tidak mengalami luka sedikit pun.

Namun, Mitsubishi Pajero Sport yang dikemudikannya rusak cukup parah, lantaran menabrak pembatas tol dan terperosok hingga menabrak pepohonan dekat tembok pembatas pemukiman warga.

Donny bercerita, awal mula terjadinya kecelakaan ini disebabkan efek aquaplaning, yang mana ban mobil mengambang atau tidak benar-benar menyentuh permukaan jalan akibat adanya genangan air.

Baca Juga: Pemilik Mitsubishi Pajero Sport Heran Diminta Ganti Rugi Rp 13 Juta Setelah Kecelakaan di Tol, Ini Kata Jasa Marga

"Saya melaju di Tol Jagorawi dari Jakarta menuju Bogor, sejak KM 40 mobil memang sudah terasa seperti selip karena genangan air, kondisi memang hujan lebat," kata Donny kepada GridOto.com, Rabu (26/5/2021).

"Di depan saya ada Toyota Kijang Innova, saya ikuti dari belakang berjarak 50 meter. Saya ikuti terus Kijang Innova itu dengan tujuan kalau terjadi aquaplaning pastinya dia duluan," sambungnya.

Donny mengungkapkan kalau dirinya terus membuntuti Kijang Innova itu dengan kecepatan 120-140 km/jam.

Tepat di KM 26+900 Kijang Innova lolos dari genangan air, sedangkan Pajero Sport yang dikendarai oleh Donny hilang kendali hingga menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga: Pemilik Mitsubishi Pajero Sport Heran Diminta Ganti Rugi Rp 13 Juta Setelah Kecelakaan di Tol, Ini Kata Jasa Marga

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, aquaplaning disebabkan oleh hilangnya kontak atau grip antara ban dengan jalan akibat adanya genangan air.

Sony menjelaskan, jenis serta kondisi ban yang dipakai di mobil memengaruhi efek aquaplaning yang ditimbulkan.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa