Nggak Susah, Ini Cara Mudah Hitung Bunga Cicilan Agar Lebih Hemat Saat Kredit Motor atau Mobil

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 15 Mei 2021 | 18:55 WIB
Biar lebih pintar saat memilih cicilan motor atau mobil, yuk belajar cara menghitung persentase bunga cicilan, gak susah kok!
Rizky/GridOto.com
Biar lebih pintar saat memilih cicilan motor atau mobil, yuk belajar cara menghitung persentase bunga cicilan, gak susah kok!

GridOto.com - Membayar dengan cicilan adalah cara yang dipakai mayoritas masyarakat Indonesia ketika membeli mobil maupun motor.

Makanya tidak heran apabila banyak lembaga pembiayaan berlomba-lomba memberikan paket pembiayaan atau cicilan motor dan mobil yang menarik untuk menggaet calon debitur.

Dua bentuk paket cicilan yang sering ditemukan adalah paket pembiayaan dengan DP atau uang muka rendah, ataupun angsuran per bulan yang rendah.

Namun kedua jenis cicilan tersebut seringkali memiliki persentase bunga yang lebih tinggi dari biasanya, yang artinya sobat akan membayar lebih banyak secara total meskipun jumlah DP atau cicilan per bulannya lebih sedikit.

Baca Juga: Ditopang Kendaraan Roda Dua, Adira Finance Catat Total Pembiayaan Baru Rp 5,4 Triliun di Kuartal I 2021 

Tentu saja, hal tersebut tidak menjadi masalah apabila sobat lebih mementingkan DP atau cicilan per bulan yang rendah saat membeli mobil atau motor.

Tapi lebih baik apabila sobat juga mengetahui besaran persentase bunga dari cicilan yang akan diambil, setidaknya agar sobat memiliki pertimbangan tambahan saat akan memilih lembaga pembiayaan.

“Cara mengetahui persentase bunga cicilan itu ada dua, pertama tanya langsung saat dibuatkan penghitungan oleh dealer, yang kedua adalah menghitung sendiri saat mendapatkan penawaran cicilan,” ujar Punto Nugroho selaku Deputy Director BCA Finance kepada GridOto.com beberapa waku lalu.

Menghitung persentase bunga cicilan memang terlihat rumit meskipun sebetulnya cukup simpel, itulah mengapa melalui artikel ini GridOto.com akan mencoba membantu sobat melakukan hal tersebut.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa