Hari Lebaran Pelayanan SIM Libur, Bisa Pakai Aplikasi SINAR? Ini Kata Polisi

M. Adam Samudra - Rabu, 12 Mei 2021 | 16:15 WIB
Ilustrasi SIM
GridOto.com
Ilustrasi SIM

GridOto.com - Selama hari raya libur Lebaran yang akan dimulai pekan ini, layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan ditutup sementara.

Kasi Binyan Subdit SIM Korlantas Polri, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan bahwa saat ini masyarakat dapat memanfaatkan layanan yang lebih mudah untuk memperpanjang SIM dengan menggunakan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi).

"Aplikasi masih bisa menerima registrasi via aplikasi, tapi penerbitan/produksi SIM di satpas libur," kata Kompol Jhoni kepada GridOto.com, Rabu (12/5/2021).

Sekadar informasi, aplikasi telah diluncurkan pada tanggal 13 April 2021 oleh pihak Korlantas Polri.

Baca Juga: Catat! Segini Batas Waktu Perpanjang SIM Lewat Aplikasi SINAR

Aplikasi SINAR merupakan suatu aplikasi pelayanan dan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang dilakukan secara online.

Tujuan dari aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam membuat atau memperpanjang SIM tanpa perlu datang ke kantor Samsat atau SIM keliling.

Jhoni mengatakan, dalam  metode pembayaran aplikasi SINAR ini dapat melalui ATM, M-Banking, atau Internet Banking.

Di dalam aplikasi SINAR berisi beberapa layanan tentang SIM, antara lain layanan perpanjang SIM A dan C, layanan uji teori SIM melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.


Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa