Cerita Jenderal (Purn) Moeldoko, Punya Mimpi Besar Untuk Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Senin, 26 April 2021 | 20:21 WIB
Moeldoko, Ketua Umum Periklindo bercerita tentang elektrifikasi di Indonesia
Vedhit/GridOto.com
Moeldoko, Ketua Umum Periklindo bercerita tentang elektrifikasi di Indonesia

GridOto.com - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko, memiliki mimpi besar untuk perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Menurutnya, baterai merupakan masa depan bagi industri kendaraan listrik di Tanah Air.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memanfaatkan bahan baku baterai untuk memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri.

"Angan-angan saya sejak saya menjabat di gubernur Lemhanas pada 2012, saya berpikir bahwa baterai lithium adalah masa depan dan masa depan adalah baterai dan itu sudah saya pikirkan sejak 2012," ujar Moeldoko saat peresmian Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) di Booth Wuling di JiExpo Kemayoran, Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: ELMO: Dukung Pemerintah, Shell Siapkan Pelumas Untuk Kendaraan Listrik

Dirinya pun bercerita, langkah pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan terbang ke China untuk meninjau pabrik baterai kendaraan listrik.

Berbekal pengetahuan soal baterai kendaraan listrik di China, ia meyakini jika Indonesia juga mampu memproduksi sendiri dengan sumber daya yang dimiliki.

"Saya diajak teman saya dari BPPT dan ITB ke Shanghai, untuk melihat baterai listrik. Pada saat saya ke sana, saya melihat pabrik baterai dan mobil listrik. Saya merenung, kalau seperti ini saya juga bisa bangun di Indonesia," tuturnya.

Usai mengirim tim untuk belajar terkait baterai kendaraan listrik di China, pihaknya langsung mendirikan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) pada 2016 silam.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa