Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rem Cakram Motor Bekas Agak Macet Saat Dipakai, Periksa Bagian Ini

Muhammad Farhan - Selasa, 6 April 2021 | 13:40 WIB
Kaliper rem cakram Honda Scoopy
Dok. Gridoto
Kaliper rem cakram Honda Scoopy

GridOto.com – Kalau rem cakram di motor bekas terasa seret alias macet saat dipakai mengerem, coba dulu periksa bagian ini.

Selain bikin enggak nyaman saat berkendara, sistem rem motor yang bermasalah juga bisa mengancam keselamatan saat berkendara.

Rentan terjadi pada motor bekas yang sudah berumur, part berupa karet yang terdapat di kaliper rem ini perlu kalian curigai.

“Kemungkinan disebabkan karena karet boot kaliper yang getas atau sobek, sehingga kotoran masuk ke dalam bagian as kaliper rem,” terang Dimas, mekanik bengkel Jaya Motor, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Handle Rem dan Kopling Mulai Goyang, Ini Penyebab dan Tips Mengakalinya

Karet boot kaliper sendiri berfungsi melindungi as kaliper rem dari kotoran di bagian luar supaya tidak masuk ke dalam bagian tersebut.

Karet ini juga yang membantu kaliper rem bergerak maju ketika ada tekanan dari piston kaliper ke kampas rem, dan akan bergerak mundur saat rem dilepas.

Ilustrasi karet boot kaliper rem motor
bukalapak
Ilustrasi karet boot kaliper rem motor

Saat karet boot kaliper robek, gerakan tersebut bakal terganggu akibat gemuk di as kaliper kering dan berkarat karena kemasukan kotoran.

“Solusinya karet boot kaliper perlu diganti baru, bagian as kaliper perlu dibersihkan dan diberi gemuk lagi sebelum dipasang supaya kembali lancar,” jelasnya.

Baca Juga: Apa Manfaat Pakai Slang Rem Aftermarket di Motor, Bikin Rem Pakem?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa