Motor Habis Turun Mesin Perlu Isi Oli Lebih Banyak, Mitos atau Fakta?

Muhammad Farhan - Rabu, 17 Maret 2021 | 17:40 WIB
Ilustrasi bongkar mesin motor.
Dok. Shutterstock
Ilustrasi bongkar mesin motor.

GridOto.comMesin motor yang habis overhaul atau turun mesin perlu diisi oli mesin lebih banyak dibanding saat ganti oli biasa, mitos atau fakta?

Proses overhaul atau turun mesin biasanya dilakukan untuk perbaikan jika ada komponen yang mengalami kerusakan atau peremajaan komponen yang sudah aus.

Sesuai namanya, mesin perlu diturunkan dari motor untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan cara dibongkar total.

“Pada saat overhaul, mesin motor dibongkar sehingga oli yang mengisi seluruh celah bakal ikut keluar saat proses ini dilakukan,” terang Ahmad Mujahid, mekanik bengkel Kawasaki Kawansakti Bintaro, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Awas! Ini Komponen Motor Yang Rusak Duluan Jika Telat Ganti Oli

Selain diperiksa, komponen di mesin bakal dibersihkan dan disetting ulang agar kondisinya bisa kembali sesuai dengan pengaturan dari pabrikan.

Setelah proses overhaul selesai dan mesin dirakit kembali, dipastikan hanya sedikit atau tidak ada lagi oli mesin yang tersisa.

Ilustrasi pengisian oli mesin Kawasaki Ninja ZX-25R
Farhan
Ilustrasi pengisian oli mesin Kawasaki Ninja ZX-25R

“Makanya selesai proses overhaul atau turun mesin dilakukan, oli mesin yang diisi jadi lebih banyak dibandingkan dengan proses tune up atau ganti oli biasa,” ungkapnya.

Tergantung tipe motornya, dalam kondisi mesin motor habis overhaul perlu diisi oli mesin lebih banyak sekitar 100 – 500 ml.

Baca Juga: Pakai Filter Oli Mobil di Mesin Motor, Ini Kata Mekanik Bengkel Resmi


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa