Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dunia Balap Tanah Air Kena 'Setrum,' Kosmik Indonesia Turun Balap Pakai Motor Listrik Konversi

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 9 Maret 2021 | 18:26 WIB
Motor listrik mulai rambah dunia balap Tanah Air, Kosmik Indonesia jadi yang pertama turun balap resmi pakai motor listrik konversi.
Istimewa/FAB
Motor listrik mulai rambah dunia balap Tanah Air, Kosmik Indonesia jadi yang pertama turun balap resmi pakai motor listrik konversi.

GridOto.com - Tidak hanya untuk kegunaan sehari-hari, kendaraan listrik pun sudah menjamah dunia balap internasional selama beberapa tahun terakhir.

Mulai dari balap motor listrik MotoE, balap mobil rallycross RX2e, hingga kejuaraan dunia balap mobil single seater Formula E mulai naik popularitasnya di kalangan penggemar balap.

Partisipasi kendaraan listrik di ajang balap resmi di Tanah Air memang belum terdengar, tapi Komunitas Sepeda dan Motor Listrik (Kosmik) Indonesia mencoba mengubah hal tersebut.

Pasalnya, mereka menjadi kelompok pertama yang mengikutsertakan motor listrik konversi pada kegiatan balap resmi di Indonesia.

Baca Juga: Pamer Konsep Livery Baru, Tim Indonesian E-Racing Gresini MotoE Luncurkan Motor Balap Listrik Untuk Musim 2021

Kosmik sendiri diwakili oleh tim Dhapur Racing (Riset dan Pengembangan Parts EV) yang dimotori Edwin Jidat dan Erwin, Petrikbike Racing (Modifikasi, Konversi, Service dan Spareparts EV) yang diisi Adi Siswanto beserta kru, Minikopi Racing-Setrum.com (Cafe dan Media Online) yang Fab, Dario dan Aristo, serta Waay-e Custom yang digawangi Wahyu Ardianto.

Mereka mengikuti event balap drag Bodisa Dragbike di Lanud Cicangkal, Tangerang, Banten dengan total 4 motor listrik konversi, semuanya bertanding di kelas FFA (free for all) 201 meter.

Vespa 'setrum' dan matik 'setrum' ramaikan balap drag bike Bodisa di Lanud Cicangkal (6-7/3)
Istimewa/FAB
Vespa 'setrum' dan matik 'setrum' ramaikan balap drag bike Bodisa di Lanud Cicangkal (6-7/3)

Maklum, sejauh ini belum ada event motorsport resmi di Indonesia yang memiliki kelas khusus motor listrik termasuk pada Bodisa Dragbike gagasan H. Bahrudin.

“Seharusnya ada delapan motor yang ikut, tetapi karena persiapan mepet, akhirnya hanya empat motor,” ujar Dharmawan Somaatmadja dari Kosmik Indonesia dalam siaran resmi yang diterima GridOto.com (7/3/2021). 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa