Pembebasan Lahan Terdampak Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Dipercepat, Ditargetkan Selesai Bulan Depan!

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 5 Maret 2021 | 16:20 WIB
Proyek jalan tol Cisumdawu
Dokumentasi Kementerian PUPR
Proyek jalan tol Cisumdawu

GridOto.com - Proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sempat tersendat karena masalah pembebasan sejumlah lahan.

Untuk menyelesaikannya, Satuan Kerja (Satker) jalan tol Cisumdawu pun menggaet pemerintah tingkat kecamatan dan desa, polsek serta koramil untuk mempercepat proses pembebasan sejumlah lahan tersebut.

"Kami yakinkan pendanaan dan prosesnya dengan (pemerintah tingkat) kecamatan, polsek, koramil dan (pemerintah tingkat) desa agar mempercepat proses administrasi datanya," ujar Kasatker jalan tol Cisumdawu, Vidi Ferdian, dikutip dari Tribunjabar.id.

Vidi melanjutkan, pihak Satker saat ini masih melakukan perbaikan data lahan yang bermasalah agar pembayarannya bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Baca Juga: Warga 'Ngeyel' Bikin Proyek Tol Cisumdawu Terhambat, Bina Marga Bisa Bawa Pemilik Lahan ke Pengadilan

Lalu kegiatan konstruksi pada beberapa lahan di sejumlah desa nantinya tetap dilanjutkan sembari menyelesaikan proses pembayarannya.

Rencananya, pembebasan lahan terdampak jalan tol ini ditargetkan selesai pada April 2021 mendatang.

"Walaupun sudah dikerjakan (proses) konstruksi, lahan tetap akan diabayarkan dan diproses sampai dengan bulan April 2021. Ada empat lokasi di empat desa yang konstruksinya harus dimulai pada Maret 2021 agar (proyeknya) bisa selesai akhir 2021 mendatang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman menuturkan, timnya siap untuk memperecpat proses administrasi data agar pembangunan bisa dilanjutkan sesegera mungkin.

Baca Juga: Jalan Tol Purbaleunyi Akan Diintegrasikan dengan Cisumdawu, Tahap Awal Sudah Dimulai

"Berdasarkan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), pelaksanaan (kontruksi) fisik akan dimulai Maret 2021. Para Kepala Desa, Camat dan Forkopimcam harus siap karena ada beberapa permasalahan yang berlum diselesaiakan. Insya Allah kami siap membantu," ucap Endang.

Terkait Tanah Kas Desa yang terdampak pembangunan jalan tol Cisumdawu, Endah bersama pihak terkait sedang berusaha mencarikan lahan pengganti.

Tapi untuk persyaratan dan kelengkapannya untuk sementara masih menunggu rekomendasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Satker Pastikan Pembebasan Lahan untuk Proyek Jalan Tol Cisumdawu Selesai April 2021.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa