Pembangunan Tol Cisumdawu Dikebut, Akhir Tahun 2021 Sudah Beroperasi?

Dia Saputra - Jumat, 15 Januari 2021 | 21:21 WIB
Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi akhir 2021.
PUPR
Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi akhir 2021.

GridOto.com - Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan dipercepat agar bisa beroperasi akhir tahun 2021.

Meski dipercepat pengerjaannya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar), Hery Antasari tak membantah adanya hambatan yang terjadi saat ini.

"Memang terdapat hambatan dalam urusan pembebasan lahan, terutama di seksi VI B," ujar Hery Antasari dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (15/01/2021).

Hery menjelaskan, kalau urusan tersebut bisa diselesaikan pada awal tahun ini, maka proses konstruksi bisa segera dilakukan.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Akhir 2021, Tapi Pembebasan Lahan Masih Jadi Kendala!

"Proses konstruksinya lagi 'dikejar' agar jalan tol selesai tepat waktu (akhir 2021) sesuai target dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," jelasnya.

Ia mengatakan, penyelesaian pengerjaan Tol Cisumdawu ini bisa jadi kabar baik untuk pihak Bandara Kertajati serta masyarakat Indonesia, khususnya Jabar.

Menurutnya, akses Tol Cisumdawu bisa mengkoneksikan arus barang dan orang dari wilayah Bodebekarpur (Bogor- Depok- Bekasi- Karawang, dan Purwakarta), Bandung Raya serta Jawa Tengah.

Untuk mewujudkan target tersebut, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jabar juga terus mengupayakan percepatan pengerjaan Tol Cisumdawu.

Proyek terowongan di Jalan Tol Cisumdawu
Seli Andina Miranti / Tribun Jabar
Proyek terowongan di Jalan Tol Cisumdawu

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Cisumdawu Diharapkan Selesai 2021, Sekarang Sudah Sampai Tahap Mana?

"Jalan tol ini jadi kunci agar akses dari Bandung menuju Bandara Kertajati semakin mudah dan lancar," terang Ridwan Kamil.

Ridwan menuturkan, pihaknya akan memaksimalkan dengan segala keterbatasan yang ada di tengah pandemi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Pembangunan Tol Cisumdawu Dikebut, Akhir 2021 Diusahakan Bisa Beroperasi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa