Meskipun Penjualan Terjun Bebas, Google Indonesia Ungkap Kata Pencarian Soal Otomotif Paling Dicari Selama 2020

Harun Rasyid - Selasa, 23 Februari 2021 | 20:05 WIB
Ilustrasi industri otomotif Tanah Air yang mengalami meningkat dari sisi pencarian online di Google
Gaikindo
Ilustrasi industri otomotif Tanah Air yang mengalami meningkat dari sisi pencarian online di Google

GridOto.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air turut memberikan dampak terhadap lesunya penjualan otomotif sepanjang 2020 kemarin. 

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), tercatat penjualan ritel (dealer ke konsumen) selama Januari sampai Desember 2020 hanya sebesar 578.327 unit.

Terjadi penurunan hingga mencapai 44,7 persen, jika dibandingkan pencapaian 2019 lalu yang mampu membukukan penjualan ritel dalam negeri sebanyak 1,05 juta unit.

Namun, merosotnya angka penjualan ini tidak serta merta membuat minat masyarakat Indonesia akan produk otomotif menurun.

Baca Juga: Soal Hitungan Pajak PPnBM Nol Persen, Gaikindo Tunggu Peraturannya Keluar!

Muriel Makarim, selaku Head of Large Customer Marketing Google Indonesia mengatakan, sepanjang tahun lalu segmen otomotif mengalami tren positif dari segi minat pencarian di internet.

"Walau industri otomotif menghadapi tantangan setahun belakangan, masyarakat semakin ramai mencari hal-hal yang berbau otomotif seperti Motor Bekas atau Mobil Bekas di Google," ujar Muriel dalam webinar Think With Google: Year In Search 2020, Selasa (23/2/2021).

"Alasannya kendaraan pribadi dinilai lebih aman dan dibutuhkan saat pandemi Covid-19," lanjutnya. 

Hasilnya, kata pencarian di Google mengenai motor bekas hingga pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) mengalami peningkatan yang cukup baik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa