Jangan Panik! Ini Estimasi Part Mobil Yang Akan Diganti Setelah Terendam Banjir, Perlu Turun Mesin?

Harun Rasyid - Minggu, 21 Februari 2021 | 17:50 WIB
Ilustrasi mobil Honda model CR-V yang habis terendam banjir
Harun/GridOto.com
Ilustrasi mobil Honda model CR-V yang habis terendam banjir

GridOto.com - Bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya, jadi hal yang cukup ditakuti pemilik kendaraan khususnya bagi pemilik mobil.

Sebab sejumlah komponen mobil yang habis terendam banjir berisiko rusak dan butuh perbaikan hingga penggantian part yang tak sedikit jumlahnya. 

Selain itu, biaya perbaikan mobil yang habis terendam banjir juga dinilai akan cukup menguras kantong.

Iqbal Rusmana, kepala teknisi di dealer Honda MT Haryono di Jakarta Selatan mengatakan, banjir dengan ketinggian tertentu umumnya merusak beberapa part mobil yang bersifat kelistrikan.

Baca Juga: Kisah Ojek Gerobak Saat Banjir Melanda Jakarta, Berapa Omzet yang Didapat Dalam Sehari?

"Mobil yang kebanjiran setinggi 1 meter lebih yang merendam dasbor di interior, pada mobil modern biasanya modul airbag, modul Smart Control Unit, Electronic Control Unit (ECU), Electronic Power Steering (EPS) hingga part lain semisal tape atau head unit umumnya akan rusak," ujarnya kepada GridOto.com, Minggu (21/2/2021).

Iqbal menilai, kondisi mesin mobil yang habis terendam banjir lebih aman karena belum tentu membutuhkan perbaikan yang kompleks.

"Mesin mobil yang kena banjir biasanya dibersihkan di bagian ruang bakar dan intake-nya, dilanjut dengan penggantian oli mesin. Sebab, langkah turun mesin diperlukan jika mengalami water hammer atau mesin kemasukan air saat menerobos banjir dan diawali dengan mesin mati mendadak," jelasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa