Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners: Tips Aman Motoran, Jangan Lupa Cek Komponen Ini Sebelum Berkendara!

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 14 Februari 2021 | 07:05 WIB
Ilustrasi riding
Rianto Prasetyo
Ilustrasi riding

GridOto.com - Buat kalian yang sering riding menggunakan motor, melakukan pengecekan beberapa komponen pada motor merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum berkendara.

Pasalnya selain memastikan kondisi kendaran benar-benar sehat dan siap untuk digunakan, hal tersebut erat kaitannya dengan keselamatan di jalan raya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ada komponen yang wajib diperiksa sebelum riding.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan komponen motor pertama yang harus dicek sebelum berkendara yakni ban.

Baca Juga: Street Manners: Etika Menggunakan Klakson yang Baik dan Benar

"Ban harus dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan, jangan memodifikasi berdasarkan keindahan tapi justru dapat membahayakan. Tidak lupa check tekanan angin ban saat dingin yaitu di pagi hari," ujar Sony saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (13/02/2021).

Sony menambahkan kompoenen kedua yang harus dicek sebelum berkendara seperti oli mesin, pastikan mengganti oli mesin secara berkala dan menggunakan oli yang direkomendasikan pabrikan.

"Cairan-cairan yang ada di kendaraan seperti oli mesin, pastikan sesuai dengan batas toleransi dan diganti berkala," terangnya.

Kemudian, Sony membeberkan kondisi lampu kendaraan tidak boleh dilupakan, oleh sebab itu pastikan lampu-lampu terpasang dan berfungi dengan normal.

Baca Juga: Street Manners: Dimensi Kendaraan Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Blind Spot, Begini Cara Atur Kaca Spion yang Benar!

"Pastikan dalam kondisi normal mengingat fungsinya penting sebagai alat komunikasi," katanya.

Selanjutnya untuk para bikers, sebelum berkendara gunakan perlengkapan safety seperti helm, sarung tangan, sepatu, pelindung dada serta masker.

"Gunakan peralatan safety, satu saja tidak dipakai berarti sudah mengabaikan keselamatan," tuturnya.

Terakhir, Sony menyarankan untuk membawa jas hujan atau raincoat untuk persiapan apabila cuaca hujan.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa